Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Administrator, Fungsional, dan Pelaksana di OIKN

Halo #SobatNusantara 

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) baru saja melantik Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional, dan Jabatan Pelaksana di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK), pada Senin (12/02/2024).

Hal ini merupakan peristiwa yang sangat bersejarah karena merupakan pertama kalinya dilakukan pelantikan di bumi Nusantara lho Sobat.

Dalam sambutannya, Kepala Otorita IKN mengingatkan kembali tugas dan rambu-rambu yang harus diikuti sebagai aparatur pemerintah dan tidak ada toleransi terhadap korupsi Sobat. 

Otorita IKN juga mengucapkan selamat kepada para pejabat yang dilantik, semoga diberikan kekuatan dan kemudahan dalam mengemban tugas. 

Terus ikuti perkembangan positif di Ibu Kota Nusantara ya Sobat.

#KotaDuniaUntukSemua #Nusantara #IbuKotaNegara #IKN #Indonesia
#PelantikanPejabatIKN

12 Februari 2024

Konsultasi Publik Rencana Induk Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Ibu Kota Nusantara

Penyusunan Rencana Induk Pengelolaan Keanekaragaman Hayati di Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Otorita IKN dengan Asian Development Bank melalui kegiatan Sustainable Infrastructure Assistance Program Phase II.

Beberapa kegiatan telah dilakukan selama proses penyusunan dokumen, seperti kunjungan lapangan, pengambilan data, workshop penyampaian hasil survey, serta Focus Group Discussion yang telah melibatkan berbagai kementerian, ahli, akademisi, dan NGO.

Kegiatan Konsultasi Publik Rencana Induk Pengelolaan Keanekaragaman Hayati IKN akan menjadi langkah akhir bagi penyusunan dokumen rencana induk pengelolaan keanekaragaman hayati sebelum nantinya akan diluncurkan pada awal tahun 2024. Rencana induk ini juga sebagai bentuk kerja sama antara Otorita IKN dengan Asian Development Bank.

27 Desember 2023

Sosialisasi UU No 21 Tahun 2023 tentang Perubahan UU No 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan Sosialisasi Undang-undang Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara dan Perkembangan Penyusunan Perubahan Peraturan Pelaksana Undang-undang Ibu Kota Negara.

Sosialisasi ini menjadi wadah bagi seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat luas terhadap poin-poin perubahan Undang-undang Ibu Kota Negara.

11 Desember 2023

Peluang Investasi IKN, Kupas Tuntas Insentif PPn, PPh, dan Fasilitas Kepanbeanan Barang Impor

Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Kementerian Keuangan, dan Kementerian Investasi/BKPM menyelenggarakan Roadshow Peluang Investasi IKN: Kupas Tuntas Insentif PPn, PPh, dan Fasilitas Kepabeanan Barang Impor.
 

1 Desember 2023

Forum Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha Breakout Session

Temukan kami di:

Website: ikn.go.id
Instagram: ikn_id
Twitter: ikn_id
Facebook: IKN Indonesia
Tiktok: @ikn.id
E-mail: halo@ikn.go.id

6 November 2023

Webinar Memperingati World Food Day 2023

Halo #SobatLingkungan!

Hari Pangan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober memberikan kita pelajaran mengenai pentingnya pangan berkelanjutan yang mudah diakses oleh kita bersama.

Dampak dari perubahan iklim seperti fenomena pemanasan global, telah menimbulkan dampak bagi sektor pangan. Sektor ini cukup sensitif terhadap cuaca dan siklus air yang berubah-ubah sejalan dengan fenomena tersebut. Akibatnya, fenomena ini akan mempengaruhi pola tanam, waktu produksi tanam, serta kualitas dari hasil panen.

Oleh karenanya, sebagai bentuk kepedulian serta kontribusi nyata dalam pengendalian perubahan iklim, sehingga dampaknya dapat diantisipasi dengan tepat dan terukur, Direktorat Ketahanan Pangan, Kedeputian Lingkungan Hidup OIKN akan menggelar Webinar dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia tahun 2023, dengan tema: “TANPA AIR TIDAK ADA MAKANAN, AIR ADALAH KEHIDUPAN: Tantangan dan Solusi Pengelolaannya dalam Mendukung Ketahanan Pangan IKN”.

16 Oktober 2023

Konsultasi Publik Dokumen Kebijakan Regionally Locally Determined Contribution IKN

Dalam rangka perwujudan Kota Hutan  Ibu Kota Nusantara (IKN), Otorita IKN menyelenggarakan Konsultasi Publik Dokumen Kebijakan Regionally/Locally Determined Contribution (RLDC) IKN. 

Tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan Peta Jalan RLDC untuk IKN untuk mencapai target netralitas karbon pada tahun 2045. Peta Jalan ini akan disampaikan dengan menggunakan model Sistem Dinamik yang lintas sektoral (yaitu model kuantitatif yang akan memperkirakan inventarisasi GRK di IKN beserta dampaknya terhadap emisi dari berbagai faktor pendorong sosial, ekonomi, dan lingkungan).

27 September 2023

Konsultasi Publik IV Rancangan UU Perubahan UU IKN

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Kementerian PPN/Bappenas) menyelenggarakan Konsultasi Publik IV RUU Perubahan atas UU IKN.

15 September 2023

Pelatikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Otorita Ibu Kota Nusantara

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono melantik empat pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan OIKN di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta pada Senin (4/9/2023). 

Pelantikan ini didasarkan pada Keputusan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Nomor 34 Tahun 2023 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Kepala Biro/Direktur di Lingkungan Otorita Ibu Kota Nusantara yang ditetapkan oleh Kepala OIKN pada tanggal 4 September 2023. 

Adapun keempat pejabat yang dilantik adalah sebagai berikut: 
1. Firmananur, sebagai Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Hubungan Masyarakat; 
2. Muhsin Palinrungi, sebagai Direktur Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif; 
3. Tonny Agus Setiono, sebagai Direktur Pengembangan Ekosistem Digital; dan 
4. Silveria Octaviana Bailia, sebagai Direktur Sarana Prasarana Sosial. 

Selain pelantikan keempat pejabat pimpinan tinggi pratama, pada kesempatan yang sama juga dilakukan pelantikan pegawai mutasi serta penandatanganan pakta integritas pegawai di lingkungan Otorita Ibu Kota Nusantara. 
 

4 September 2023

Penutupan Program Pelatihan Coding Mum, Coding Difabel, dan Solar Mum di Techno House IKN

Sebuah tonggak penting dalam pengembangan masyarakat dan keberlanjutan tercapai dengan suksesnya program “Coding Mum, Coding Difabel, dan Solar Mum” Batch 1 di Ibu Kota Nusantara. Program yang telah berlangsung selama 12 pertemuan ini telah melatih dan memberdayakan 50 peserta yang terdiri dari Ibu-Ibu dan individu penyandang disabilitas dari Desa Bukit Raya, Desa Karang Jinawi, Desa Binuang, Kelurahan Pemaluan dan Kelurahan Sepaku. 

Beberapa materi yang telah didapatkan oleh peserta Coding Mum dan Coding Difabel antara lain digital literasi, pembuatan website, dan strategi digital marketing, yang semuanya bertujuan untuk memberikan perspektif terhadap teknologi dan digitalisasi. Selain itu, program “Solar Mum” yang juga merupakan bagian dari rangkaian program pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan kesadaran mengenai kehidupan yang berkelanjutan dengan mengutamakan energi bersih dan ramah lingkungan. 

Prof. Mohammed Ali Berawi, Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara, menegaskan bahwa program pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam kemampuan teknologi digital dan pembangunan berkelanjutan di lingkungan IKN. Hal ini bertujuan agar masyarakat setempat mampu menghadapi tantangan globalisasi melalui pemanfaatan teknologi digital serta budaya penggunaan energi bersih sebagai bagian dari transformasi kehidupan masyarakat. 

“Masyarakat setempat akan siap beradaptasi dengan pemanfaatan teknologi di IKN melalui program pemberdayaan masyarakat seperti Coding Mum, Coding Difabel, dan Solar Mum. Warga lokal akan turut aktif sebagai aktor pembangunan dan bersama-sama membangun Nusantara.” Ujar Deputi Transformasi Hijau dan Digital. 

Dengan berakhirnya program “Coding Mum, Coding Difabel, dan Solar Mum” Batch 1, diharapkan bahwa semangat keberlanjutan, penggunaan teknologi, dan kepedulian terhadap lingkungan akan tetap berkembang di kalangan masyarakat Desa Bukit Raya dan sekitarnya.

2 September 2023

Kemah Konservasi 2023

Kedeputian Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN melaksanakan kegiatan Kemah Konservasi 2023 pada tanggal 18-20 Agustus 2023 di Kawasan Bukit Bangkirai, Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Kemah ini melibatkan siswa-siswi SMP dan SMA sederajat dari berbagai sekolah di Kecamatan Sepaku, Kecamatan Samboja, dan Kabupaten Kutai Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda terkait konservasi satwa dan keanekaragaman hayati khususnya di wilayah Ibu Kota Nusantara. 
 

24 Agustus 2023

Selamat Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama Kamar Dagang Indonesia (Kadin) gelar upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Inspektur Upacara, Kepala OIKN Bambang Susantono pada Kamis (17/08/2023). 

Diadakan di Sumbu Kebangsaan, Ibu Kota Nusantara, upacara dengan tema “Satukan Tekad Menyongsong Nusantara” ini berlangsung khidmat dengan dihadiri oleh beragam tokoh masyarakat, agama, dan adat.

21 Agustus 2023

Penutupan Kemah Konservasi 2023

Dalam rangka memperingati Hari Konservasi Nasional dan Hari Orangutan Sedunia, Otorita Ibu Kota Nusantara telah menyelenggarakan Kemah Konservasi 2023 tanggal 18 - 20 Agustus 2023 di Bukit Bangkirai, Ibu Kota Nusantara. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 100 siswa-siswi SMP dan SMA sederajat dari Kecamatan Sepaku, Kecamatan Samboja, dan Kabupaten Kutai Barat. 

Kegiatan Kemah Konservasi 2023 dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan Ibu Kota Nusantara dan konsep kota hutan berkelanjutan kepada generasi muda serta meningkatkan kepedulian, pengetahuan dan kapasitas terhadap lingkungan dan perlindungan satwa liar termasuk orangutan. 

Berbagai kegiatan seperti Jungle Tracking, Talkshow, Kampanye Media Sosial, Movie Night, Pembekalan Forum Lintas Agama, serta Malam Keakraban telah sukses diselenggarakan dengan tingginya antusiasme serta partisipasi aktif dari para peserta. 

Para peserta tidak hanya diajak untuk bermain, tetapi juga dibekali materi, bahkan berdiskusi mengenai Ibu Kota Nusantara, lingkungan hidup, serta keanekaragaman hayati. Selain itu, mereka juga diberi kesempatan untuk bereksplorasi dan berkarya lewat Kampanye Media Sosial dengan membuat Reels di Instagram dengan tema Kemah Konservasi dan Ibu Kota Nusantara. 

“Kami mengajak siswa-siswi untuk berperan serta dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara. Melalui pembangunan SDM yang baik, kedepan siswa-siswi ini lah yang akan mengisi Ibu Kota Nusantara,” ucap Pungky Widiaryanto (@pungkywidiaryanto), Direktur Pengembangan Pemanfaatan Kehutanan dan Sumber Daya Air. 

Kedepannya, Kemah Konservasi ini diharapkan akan menjadi kegiatan rutin tahunan di Ibu Kota Nusantara untuk meningkatkan minat serta kapasitas bagi generasi muda Indonesia untuk bersama membangun Ibu Kota Nusantara yang berkelanjutan.

20 Agustus 2023

Upacara Penurunan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia tahun 2023 akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara dan disiarkan secara live hanya di YouTube IKN Indonesia.

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia tahun 2023 akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara dan disiarkan secara live hanya di YouTube IKN Indonesia.

17 Agustus 2023

Nusantara Goes to Campus, Pemuda Hebat, IKN Kuat

Salah satu aspek penting dalam perpindahan Ibu Kota Negara adalah Sumber Daya Manusia yang unggul, tangguh dan berkualitas baik. Sebagai generasi muda yang unggul, tangguh, dan berkualitas baik diharapkan dapat ikut andil dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Dengan adanya kreatifitas dari generasi muda, pembangunan IKN diharapkan dapat terwujud sebagai kota masa depan. dengan adanya Nusantara Goes to Campus Generasi muda dapat mengetahui cita-cita dari pembangunan dan pemindahan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur.

7 Agustus 2023

Nusantara Talks, Membangun Ekosistem Seni dan Budaya di Ibu Kota Nusantara

Atribut "ibu kota negara" bagi suatu kawasan memunculkan suatu permasalahan yang menarik sekaligus pelik. Perkembangan ibu kota baru IKN di satu sisi menghadirkan peluang unik untuk mengeksplorasi dan membentuk identitas, budaya, dan lanskap artistik daerah. Di sisi lain, kondisi penciptaan ibu kota baru ini memunculkan tantangan yang kompleks karena peran-peran tadi harus diletakkan dalam kerangka citra ibu kota yang nasional dan internasional.

Dalam kompleksitas tersebut wacana serta praktik kesenian dan kebudayaan menjadi sangat diperlukan untuk memperlancar harmonisasi antara keberagaman aspek yang akan berkumpul di IKN, selain turut membentuk citra dan entitas IKN sebagai perwujudan visi kota nasional dan internasional. 

Menghormati dan mendukung ekspresi budaya juga akan berkontribusi untuk memperkuat modal sosial masyarakat dan menumbuhkan kepercayaan pada lembaga-lembaga publik. Faktor budaya juga mempengaruhi gaya hidup, perilaku individu, pola konsumsi, nilai-nilai yang berkaitan dengan lingkungan penatalayanan, dan interaksi kita dengan lingkungan alam dan lingkungan budaya. 

Diskusi ini terbuka dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk seniman, budayawan, akademisi, praktisi seni, dan perwakilan dari generasi muda. Diskusi akan fokus membahas permasalahan serta berbagai gagasan dan kemungkinan bagaimana membangun ekosistem seni dan Budaya untuk IKN, melihat kemungkinan apa dan bagaimana kelengkapan (lembaga) kesenian dan kebudayaan yang dibutuhkan suatu kota baru, mendiskusikan potensi pengembangan kreativitas dan inovasi dalam lembaga seni. Sehingga dapat memberikan rekomendasi bagi pembuat kebijakan, pemangku kepentingan, dan pihak-pihak terkait yang terlibat dalam pengembangan lembaga seni di ibu kota baru.

6 Agustus 2023

Konsultasi Publik Rancangan UU Perubahan UU No 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Kementerian PPN/Bappenas) menyelenggarakan Konsultasi Publik Pokok-Pokok Perubahan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

4 Agustus 2023
 

 

Seminar dan Diskusi Nasional, Akselerasi Peningkatan SDM sebagai Wujud Pembangunan Manusia di IKN

Otorita Ibu Kota Nusanatara (OIKN) melalui Kedeputian Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat menyelenggarakan Seminar dan Diskusi Nasional di Balikpapan, pada Selasa (11/7/2023). 

Agenda dengan tema Akselerasi Peningkatan Sumber Daya Manusia sebagai Wujud Pembangunan Manusia di Ibu Kota Nusantara ini merupakan salah satu forum bagi generasi muda menyampaikan aspirasi dan bertukar pikiran terkait IKN.

16 Juli 2023

Peluncuran Program Pelatihan Coding Mum, Coding Difabel, dan Solar Mum

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melalui Kedeputian Transformasi Hijau dan Digital akan meluncurkan Program Pelatihan Coding Mum, Coding Difabel, dan Solar Mum. 

Program ini diadakan guna mendukung Visi Nusantara sebagai “Kota Dunia untuk Semua” serta memberikan perspektif digital dari teknologi, meningkatkan kemandirian dalam pengelolaan energi dan pengembangan bisnis lokal. 

Agenda akan dilaksanakan pada: 
🗓️ Rabu, 12 Juli 2023 
🕙 10.00 WITA (09.00 WIB) s.d. 11.30 WITA (10.30 WIB) 
📍 Kantor Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur 

Coding Mum dan Coding Difabel hadir sebagai upaya untuk memperkenalkan para ibu dan individu penyandang disabilitas dengan dunia digital, khususnya di bidang pemrograman. 

Program ini dimaksudkan memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk terlibat dalam dunia teknologi, meningkatkan kemampuan profesional, dan mengembangkan kemandirian masyarakat. 

Program lainnya, yakni Solar Mum juga merupakan upaya pemberdayaan masyarakat, khususnya bagi para ibu, guna berperan aktif dalam melakukan pemanfaatan energi baru terbarukan yang menjadi ciri khas Nusantara. 

Adapun peserta pelatihan kali ini merupakan ibu-ibu, kelompok remaja perempuan, dan individu penyandang disabilitas di Kecamatan Sepaku. 
 

12 Juli 2023

Simposium Memperkuat Ekosistem Pertanian Berkelanjutan untuk Mendukung Ketahanan Pangan IKN dan Kaltim

Prinsip pembangunan IKN yang mengedepankan pembangunan lingkungan mensyaratkan sektor pertanian juga tidak merusak atau mencemari lingkungan serta rendah emisi karbon.

Deputi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Myrna Safitri menegaskan hal tersebut dalam pembukaan kegiatan Simposium bertajuk “Memperkuat Ekosistem Pertanian Berkelanjutan untuk mendukung Ketahanan Pangan di IKN dan Kaltim”, pada Selasa (11/7/2023) di Samarinda.

Simposium ini adalah kerja sama antara Kedeputian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN dengan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman (Unmul). Hadir membuka Simposium, Rektor Unmul Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si.

Gubernur Kaltim sekaligus Ketua Umum DPP Perhiptani, Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si, dalam keynote speech beliau memaparkan sejumlah capaian penting sektor pertanian di Kaltim. Hal ini makin meneguhkan kesiapan Kaltim dalam mendukung ketahanan pangan IKN.

Simposium diikuti oleh perwakilan instansi pemerintah pusat dan daerah, akademisi dan mahasiswa, pelaku usaha, LSM serta kelompok-kelompok tani di wilayah IKN.

Salah satu sesi dalam simposium ini secara khusus membahas inovasi riset dan pemberdayaan petani melalui bentuk Agrotechno Edupark sesuai dengan pengalaman di beberapa daerah. Dalam sesi ini, hadir Dekan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (Prof Mangku Purnomo), Kepala Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi IPB University (Prof Erika B. Laconi), dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi DIY.

11 Juli 2023

Duta Besar Prancis dan Delegasi Kunjungi Lokasi Pembangunan IKN

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono ajak Duta Besar Prancis untuk Indonesia Fabien Penone beserta sejumlah delegasi pimpinan perusahaan Prancis kunjungi kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Senin (12/6/2023).

17 Juni 2023

Konsultasi Publik Ranperka Kearifan Lokal dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melalui Kedeputian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam menyelenggarakan Konsultasi Publik terkait Rancangan Peraturan Kepala (Ranperka) OIKN mengenai kearifan lokal. 

Penyusunan Ranperka tentang Tata Cara Pengakuan, Perlindungan dan Pemajuan Kearifan Lokal dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan memfasilitasi pengembangan kearifan lokal dalam mendukung prinsip pembangunan Ibu Kota Nusantara yang selaras dengan alam dan inklusif.
 

11 Juni 2023

Webinar Pengelolaan Sampah Mikro dan Makroplastik di Wilayah Ibu Kota Nusantara

Webinar Pengelolaan Sampah Mikro dan Makroplastik di Wilayah Ibu Kota Nusantara diadakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Webinar ini dilaksaakan dengan kerjasama antara Otorita ibukota Nusantara dan Pasca Sarjana
Universitas Mulawarman serta Asosiasi Profesor Indonesia yang dilaksanakan Jumat 9 Juni 2023

9 Juni 2023

Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Kepala Otorita IKN tentang Pengakuan Kearifan Lokal

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melalui Kedeputian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam menyelenggarakan Konsultasi Publik terkait Rancangan Peraturan Kepala (Ranperka) OIKN mengenai kearifan lokal. 

Penyusunan Ranperka tentang Tata Cara Pengakuan, Perlindungan dan Pemajuan Kearifan Lokal dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan memfasilitasi pengembangan kearifan lokal dalam mendukung prinsip pembangunan Ibu Kota Nusantara yang selaras dengan alam dan inklusif.

8 Juni 2023

Otorita IKN Selenggarakan Aksi Bersih-bersih Titik Nol

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama Universitas Mulawarman, Asosiasi Profesor Indonesia (API), Yayasan Putri Indonesia Kaltim, dan start-up yang bergerak di bidang pengelolaan sampah Banana & Partners melakukan Aksi Bersih-Bersih yang berpusat di Titik Nol Nusantara untuk menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, pada Minggu (4/6/2023).

Dalam kesempatan tersebut masyarakat turut diajak berpartisipasi dalam pengendalian pencemaran lingkungan dengan menggunakan tagar kampanye pengelolaan sampah IKN, yakni #JanganSalahPilahSampah dan #IKNMinimSampah.

Tidak kurang dari 100 mahasiswa Universitas Mulawarman terlibat dalam kegiatan ini. Harapannya, para pemuda lebih peduli terhadap permasalahan sampah serta dapat memanfaatkan sampah sebagai peluang bisnis baru.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Deputi bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN, Myrna A. Safitri dan Direktur Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana OIKN Onesimus Patiung.

7 Juni 2023

Peluncuran Logo Baru Ibu Kota

Periode pemilihan logo Ibu Kota #NusantaraKita telah berakhir, terima kasih telah ikut berpartisipasi. Logo terpilih akan menjadi representasi terbaik bagi bangsa Indonesia.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah mengumumkan pemenang logo Nusantara dengan pemilih terbanyak langsung dari Istana Negara Jakarta. 

31 Mei 2023

Lokakarya Kebakaran Hutan dan Lahan di IKN

Kota Nusantara (IKN), Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyelenggarakan Lokakarya Kebakaran Hutan dan Lahan di IKN yang akan dilaksanakan pada:

📅Jumat, 26 Mei 2023
🕘08.30 s.d. 16.00 WITA
🔗ikn.go.id/LokakaryaKarhutla

Melalui lokakarya ini akan dibahas rencana jangka panjang serta koordinasi penanggulangan karhutla bersama kepentingan terkait. 

26 Mei 2023

Diskusi Kebudayaan dan Konservasi dalam Konsep Kota Hutan IKN

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bekerja sama dengan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) dan Center for International Forestry Research-World Agroforestry (CIFOR-ICRAF) menyelenggarakan diskusi dengan tema Kebudayaan dan Konservasi dalam Konsep Kota Hutan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Agenda diskusi akan dilaksanakan pada:
🗓Rabu, 24 Mei 2023
🕘09.00 s.d. 12.00 WIB
🔗Meeting ID : 841 0180 1083 | Passcode : DiskusiIKN

Agenda ini bertujuan membuka ruang dialog membahas ide dan gagasan mengenai konsep dan strategi pengembangan kota hutan IKN dengan tetap memperhatikan upaya konservasi dan kebudayaan lokal setempat.

24 Mei 2023

Workshop Keanekaragaman Hayati Ibu Kota Nusantara

Dalam rangka menyusun strategi untuk perlindungan terhadap keanekaragaman hayati (biodiversity) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan menyelenggarakan Workshop Keanekaragaman Hayati IKN.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk menampung masukan dari berbagai pihak dan menjadi langkah awal dalam menyusun serta memastikan rencana aksi perlindungan keanekaragaman hayati IKN sesuai dengan arahan kebijakan yang telah ditetapkan. 
 

22 Mei 2023

IKN Forest City Webinar, Diskusi Strategi Percepatan Reforestasi Hutan Tropis Ibu Kota Nusantara

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dalam rangka merayakan International Forest Day mengadakan IKN Forest City Webinar: Diskusi Strategi Percepatan Reforestasi Hutan Tropis Ibu Kota Nusantara.

Webinar yang diselenggarakan pada Selasa, 21 Maret 2023 pukul 09.00–12.00 WIB ini turut dihadiri oleh:

1.Pungky Widiaryanto, S.Hut., M.Sc (Direktur Pengembangan Pemanfaatan Kehutanan dan Sumber Daya Air, OIKN)
2.Prof. Dr. Rudianto Amirta, S.Hut., MP (Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman)
3.Endah Sulistyawati, S.Si., Ph.D (Dekan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung)
4.Widiyanto, S.Hut. M.Sc.,Ph.D (Wakil Dekan Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Kerja Sama, Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada).

23 Maret 2023

Sosialisasi UU 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara dan Peraturan Pelaksanaan UU IKN, Makassar

Pemerintah melalui Kementerian PPN/Bappenas telah melaksanakan agenda Sosialisasi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (UU IKN) dan Peraturan Pelaksanaan UU IKN.

Acara yang diselenggarakan di Makassar, pada 22 November 2022 tersebut bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang UU IKN dan 2 peraturan pelaksanaannya kepada publik, baik itu kementerian/lembaga, stakeholder, hingga tokoh-tokoh adat.

30 November 2022

 

Sosialisasi UU IKN dan Peraturan Pelaksanaan UU IKN, Makassar, 22 November 2022

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Kementerian PPN/Bappenas) menyelenggarakan Sosialisasi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (UU IKN) dan Peraturan Pelaksanaan UU IKN.

Adapun undang-undang dan sejumlah peraturan pelaksanaan yang akan dibahas, antara lain:
1. Undang-Undang No. 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara;
2. Peraturan Presiden No. 62 Tahun 2022 tentang Otorita IKN; dan
3. Peraturan Presiden No. 63 Tahun 2022 tentang Perincian Rencana Induk IKN.

22 November 2022

Sosialisasi UU 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara UU IKN dan Peraturan Pelaksanaan UU IKN

Pemerintah melalui Kementerian PPN/Bappenas telah melaksanakan agenda Sosialisasi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (UU IKN) dan Peraturan Pelaksanaan UU IKN.

Acara yang diselenggarakan di Jakarta, pada 19-20 Oktober 2022 tersebut bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang UU IKN dan 5 peraturan pelaksanaannya kepada publik, baik itu kementerian/lembaga, stakeholder, hingga tokoh-tokoh adat.
 

23 Oktober 2022

Market Sounding IKN, Sejarah Baru Peradaban Baru

Acara bertajuk "Ibu Kota Nusantara, Sejarah Baru Peradaban Baru" terlaksana atas kerja sama antara Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia), yang digelar di Djakarta Theater, Jakarta, pada Selasa malam, 18 Oktober 2022. Dihadiri sekitar 500 tetamu yang berasal dari asosiasi pelaku usaha dari berbagai bidang seperti konstruksi, perbankan, energi, pendidikan, kesehatan, dan teknologi. Hadir pula pada acara tersebut Ketua MPR Bambang Soesatyo, para menteri Kabinet seperti Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, dan juga mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair. Jalannya sesi tanya-jawab dengan audiens dipandu oleh Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid.

22 Oktober 2022

Sosialisasi UU IKN dan Peraturan Pelaksanaan UU IKN, Jakarta, 20 Oktober 2022

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Kementerian PPN/Bappenas) menyelenggarakan Sosialisasi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (UU IKN) dan Peraturan Pelaksanaan UU IKN.

Agenda sosialisasi akan dilangsungkan di Jakarta selama dua hari pada Rabu-Kamis, 19-20 Oktober 2022, pukul 08.00 WIB.

Agenda kali ini merupakan sosialisasi hari kedua yang membahas mengenai:
1. Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2022 tentang Perincian Rencana Induk IKN
2. Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2022 tentang Otorita IKN.

Untuk materi paparan narasumber Sosialisasi UU IKN dan Peraturan Pelaksanaan UU IKN dapat diunduh pada pranala berikut: https://ikn.go.id/MateriSosialisasiJkt 

20 Oktober 2022

Sosialisasi UU IKN dan Peraturan Pelaksanaan UU IKN Jakarta, 19 Oktober 2022

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Kementerian PPN/Bappenas) menyelenggarakan Sosialisasi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (UU IKN) dan Peraturan Pelaksanaan UU IKN.

Agenda sosialisasi akan dilangsungkan di Jakarta selama dua hari pada Rabu-Kamis, 19-20 Oktober 2022, pukul 08.00 WIB.

Agenda kali ini merupakan sosialisasi hari pertama yang membahas mengenai:
1. Undang-Undang No. 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara;
2. Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2022 tentang Pendanaan dan Pengelolaan Anggaran dalam Rangka Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan Ibu Kota Negara;
3. Peraturan Presiden No. 65 Tahun 2022 tentang Perolehan Tanah dan Pengelolaan Pertanahan di Ibu Kota Nusantara; dan
4. Peraturan Presiden No. 64 Tahun 2022 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Ibu Kota Nusantara.

Untuk materi paparan narasumber Sosialisasi UU IKN dan Peraturan Pelaksanaan UU IKN dapat diunduh pada pranala berikut: https://ikn.go.id/MateriSosialisasiJkt 

19 Oktober 2022

Bincang Asik di Titik Nol bersama Otorita Ibu Kota Nusantara, IKN Indonesia

Telah sukses terselenggara acara Bincang Asik yang berlokasi di Titik Nol Ibu Kota Nusantara pada, Kamis (18/8/2022).

Diskusi dengan tema IKN dan Indonesia Emas 2045: Transformasi dan Inovasi dalam Konteks Kemeredekaan ini melibatkan 100 kampus baik dari dalam maupun luar negeri yang dihadiri secara luring maupun daring.

Dengan diselenggarakannya acara ini, pemerintah berharap mendapatkan berbagai ide, gagasan, dan masukan dari generasi muda untuk pembangunan dan pengelolaan IKN yang lebih baik kedepannya.

5 September 2022

Bincang Asik di Titik Nol IKN, Transformasi dan Inovasi Menuju Indonesia Emas 2045

Dalam peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, diselenggarakan kegiatan Bincang Asik di Titik Nol bersama perwakilan generasi muda Nusantara dari 100 kampus di Indonesia dan berbagai negara di lima benua. Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan sarasehan yang akan membahas tema “IKN dan Indonesia Emas 2045: Transformasi dan Inovasi dalam Konteks Kemerdekaan”. 
Acara ini disiarkan langsung dari Titik Nol Ibu Kota Nusantara pada Kamis, 18 Agustus 2022, pukul 13.00 WITA

19 Agustus 2022

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia

Dalam momentum Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, Otorita Ibu Kota Nusantara mengadakan acara yang dihadiri para pekerja dan para pemangku kepentingan dalam rangka apel kesiapan pekerja untuk mendukung pembangunan IKN Nusantara.

19 Agustus 2022

10 Years Global Movement of Indonesian Diaspora, Future Indonesia Langsung dari Titik Nol IKN

Selamat datang di 10 Years Global Movement of Indonesian Diaspora, dengan tema Future Indonesia. Indonesian Diaspora Network (IDN) Global bekerja sama dengan pihak Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), untuk menyelenggarakan acara secara langsung di Studio SCTV Jakarta dan Titik Nol Ibu Kota Nusantara, pada Rabu, 6 Juli 2022, pukul 09.00-10.40 WIB

6 Juli 2022

Konsultasi Publik II Rancangan Peraturan Pelaksanaan UU No 3 Tahun 2022 tentang IKN

Selamat datang di Konsultasi Publik II Rancangan Peraturan Pelaksanaan UU 3/2022 Tentang IKN yang berlangsung pada Sabtu, 9 April 2022, pukul 08.30-16.00 WIB

9 April 2022

Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Pelaksanaan UU No 3 Tahun 2022 tentang IKN 22 Maret 2022

Selamat datang di Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Pelaksanaan UU 3/2022 Tentang IKN yang berlangsung pada Selasa, 22 Maret 2022, pukul 09.30-17.45 WITA.

22 Maret 2022

Pemerintah Dampingi Ketua DPR RI dan Panglima TNI Kunjungi Titik Nol Ibu Kota Negara

Pada 16 Februari 2022, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara meninjau lokasi Ibu Kota Negara, Kalimantan Timur 🇮🇩 

Kunjungan dilaksanakan untuk meninjau persiapan pembangunan IKN menjadi kota pintar, hijau, serta modern, dengan tetap menjaga alam dan lingkungan.

20 Februari 2022

Bappenas Bersama Kementerian, Lembaga, Daerah Susun Peraturan Pelaksanaan IKN

Undang-Undang #IbuKotaNegara yang disahkan pada 18 Januari 2022 akan segera dilengkapi dengan sejumlah peraturan pelaksanaan UU IKN 🇮🇩
 

14 Februari 2022

Bappenas Dampingi Tokoh Adat Masyarakat Kalimantan Timur Temui Presiden Joko Widodo

Presiden RI @jokowi didampingi Kementerian PPN/Bappenas @bappenasri menerima Tokoh Adat Kalimantan Timur sebagai perwakilan masyarakat sekitar IKN (31/1)📝 

Dalam pertemuan tersebut, Presiden menerima aspirasi, saran, dan masukan atas pemindahan #IbuKotaNusantara. 

5 Februari 2022

 

Dampingi MPR RI, Bappenas-PUPR-Kemenkeu Kunjungi Ibu Kota Nusantara

Menteri PPN/Kepala Bappenas @bappenasri bersama Menteri PUPR @kemenpupr dan Wakil Menteri Keuangan @kemenkeuri mendampingi Pimpinan MPR RI meninjau titik penting lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (27/22)

Lokasi tinjauan meliputi titik nol pembangunan IKN, titik lokasi Istana Negara, lokasi kompleks MPR, DPR, dan DPD RI, hingga Bendungan Sepaku Semoi yang akan membendung Sungai Tengin dan menyuplai air baku untuk IKN 🇮🇩

31 Januari 2022

Rapat Paripurna ke-13 di DPR RI 2022

Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara telah disahkan dalam Rapat Paripurna ke-13 di DPR RI 
pada Selasa, 18 Januari 2022 📝

Dalam Sidang Paripurna, Menteri PPN/Kepala Bappenas @suharsomonoarfa menyampaikan Pendapat Akhir Presiden RI @jokowi tentang RUU IKN 🇮🇩 

RUU IKN yang menjadi pedoman untuk pemindahan dan pembangunan #IbuKotaNegara mencakup seluruh kepentingan #IKN, termasuk kedudukan unit organisasi untuk persiapan dan pembangunan Ibu Kota Negara 🇮🇩

26 Januari 2022

Konsultasi Publik RUU IKN di Universitas Sumatera Utara dan Universitas Hasanuddin

Pada 14 Januari 2022, Pansus RUU IKN @dpr_ri Bersama Kementerian PPN/Bappenas @bappenasri melakukan Kunjungan Kerja ke Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dipimpin Ketua Pansus RUU IKN Ahmad Doli Kurnia Tandjung, rombongan melakukan tinjauan udara ke titik-titik pembangunan IKN, meninjau percontohan perumahan vertikal serta landed house, dan dilanjutkan dengan pertemuan serta diskusi dengan tokoh masyarakat dan LSM 🇮🇩

26 Januari 2022

Konsultasi Publik RUU Ibu Kota Negara di Universitas Mulawarman

Pemerintah melalui Kementerian PPN/Bappenas bersama Pansus RUU IKN DPR RI terus menampung masukan publik terkait rencana pemindahan #IKN ke Kalimantan Timur.

Melalui Konsultasi Publik Rancangan Undang-Undang Tentang Ibu Kota Negara di Universitas Mulawarman pada 11 Januari 2022, masukan konstruktif dari masyarakat menjadi aspek penting dalam proses penyusunan RUU IKN yang tengah dibahas DPR RI bersama pemerintah
 

20 Januari 2022

Konsultasi Publik RUU Ibu Kota Negara di UPN Veteran

Pemerintah terus memastikan pemindahan IKN memenuhi kebutuhan publik dan tantangan masa depan Indonesia.

Untuk menerima masukan, tanggapan, dan kritikan substantif yang memperkaya RUU IKN, pemerintah menggelar Konsultasi Publik RUU Ibu Kota Negara di UPN Veteran Jakarta, 28 Desember 2021 📝 

Beberapa pembahasan utama di antaranya, model pemerintahan serta tantangan pertahanan dan keamanan di IKN 🇮🇩 
 

16 Januari 2022

Konsultasi Publik Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara di Universitas Indonesia

Pemerintah terus memastikan pembangunan IKN melibatkan semua pihak, salah satunya melalui Konsultasi Publik Rancangan Undang-Undang Tentang #IbuKotaNegara yang diselenggarakan di Universitas Indonesia, Depok, 23 Desember 2021 📝 

Hasil diskusi dan masukan yang diberikan oleh publik menjadi bahan penyempurnaan RUU IKN 🇮🇩

 

15 Januari 2022

Konsultasi Publik RUU IKN di Universitas Sam Ratulangi, Manado

Pemerintah terus menjaring masukan untuk memperkaya dan menyempurnakan Rancangan Undang-Undang #IbuKotaNegara, salah satunya melalui Konsultasi Publik RUU IKN yang diselenggarakan di Universitas Sam Ratulangi, Manado pada 17 Desember 2021 📝

Dihadiri oleh berbagai pihak, Konsultasi Publik RUU IKN diharapkan dapat memberikan manfaat bagi penyempurnaan RUU #IKN.

 

15 Januari 2022

Konsultasi Publik Pansus RUU tentang IKN DPR RI dalam Rangka Pembentukan UU tentang IKN di Makassar

Pemerintah melalui Kementerian PPN/Bappenas bersama Pansus RUU IKN DPR RI terus menampung masukan publik terkait rencana pemindahan #IKN ke Kalimantan Timur.

Melalui Konsultasi Publik Rancangan Undang-Undang Tentang Ibu Kota Negara di Universitas Hasanuddin pada 12 Januari 2022, masukan konstruktif dari masyarakat menjadi aspek penting dalam proses penyusunan RUU IKN yang tengah dibahas DPR RI bersama pemerintah
 

12 Januari 2022

Konsultasi Publik Pansus RUU tentang IKN DPR RI dalam Rangka Pembentukan UU tentang IKN di Samarinda

Pemerintah melalui Kementerian PPN/Bappenas bersama Pansus RUU IKN DPR RI terus menampung masukan publik terkait rencana pemindahan #IKN ke Kalimantan Timur.

Melalui Konsultasi Publik Rancangan Undang-Undang Tentang Ibu Kota Negara di Universitas Mulawarman pada 11 Januari 2022, masukan konstruktif dari masyarakat menjadi aspek penting dalam proses penyusunan RUU IKN yang tengah dibahas DPR RI bersama pemerintah
 

11 Januari 2022

Konsultasi Publik Rancangan Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara di UPN Veteran Jakarta

Pemerintah terus memastikan pemindahan IKN memenuhi kebutuhan publik dan tantangan masa depan Indonesia.Untuk menerima masukan, tanggapan, dan kritikan substantif yang memperkaya RUU IKN, pemerintah menggelar Konsultasi Publik RUU Ibu Kota Negara di UPN Veteran Jakarta, 28 Desember 2021 📝 Beberapa pembahasan utama di antaranya, model pemerintahan serta tantangan pertahanan dan keamanan di IKN 🇮🇩 28 Desember 2021

Konsultasi Publik RUU IKN bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Pada hari Selasa 21 Desember 2021, telah diadakan Konsultasi Publik RUU IKN bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Konsultasi Publik membahas Naskah Akademik RUU IKN dan juga bagaimana masukan terkait isu-isu bentuk Pemerintahan serta mengenai Pertahanan dan Keamanan 📚📚
 

27 Desember 2021

Konsultasi Publik Rancangan Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara

Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) yang tengah dibahas Pemerintah Indonesia bersama DPR RI, kelak akan menjadi dasar hukum tata kelola penyelenggaraan pemerintahan di IKN. 

Untuk mengakomodasi masukan konstruktif terkait RUU IKN, Kementerian PPN/Bappenas bekerja sama dengan Djokosoetono Research Center Fakultas Hukum Universitas Indonesia mengadakan Sosialisasi dan Konsultasi Publik RUU

 

21 Desember 2021

Pengantar Pemerintah dalam Rapat Kerja Pansus RUU IKN

Mewakili Pemerintah Indonesia, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memaparkan Rancangan Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara pada Rapat Kerja Panitia Khusus RUU tentang Ibu Kota Negara  

13 Desember 2021

Kunjungan Kerja Menteri PPN/Kepala Bappenas bersama Menteri PUPR ke Lokasi IKN

Menteri Suharso dan Menteri Basuki bersama-sama mengunjungi Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur untuk meninjau lokasi Ibu Kota Negara (IKN) dan membahas pembangunan jalur logistik penunjang IKN.

12 Oktober 2021

Ibu Kota Negara: Asa di Benuo Taka

Setelah bermalam di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang menjadi lokasi IKN, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menegaskan bahwa IKN adalah manifestasi dari Indonesia-sentris yang penting untuk pemerataan pembangunan. 

26 April 2021

Darma dan Doa untuk IKN - Bappenas RI

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memulai, melaksanakan, dan menyelesaikan darma bagi negara dengan doa agar setiap upaya pembangunan di Indonesia dapat berjalan sesuai kehendak-Nya.

14 April 2021

HUT Ke-74 Kementerian PPN/Bappenas - Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

Berada di titik nol istana Ibu Kota Negara, Menteri Suharso bersama perwakilan seluruh generasi berharap hal ini dapat menjadi simbol bahwa Bappenas adalah lembaga perencana pembangunan nasional yang memiliki akar kuat.

13 April 2021

Dialog Nasional VII Pemindahan Ibu Kota Negara “Membangun Kualitas Sosial Budaya” Part 2

Untuk mewujudkan IKN yang majemuk dan harmonis sesuai dengan identitas bangsa Indonesia, diperlukan pemahaman dan perencanaan aspek sosial-budaya dan sosial-ekonomi yang komprehensif.

25 Februari 2020

Dialog Nasional VII Pemindahan Ibu Kota Negara “Membangun Kualitas Sosial Budaya” Part 1

Pada Selasa (25/2), di Balai Purnomo Prawiro Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat Kementerian PPN/Bappenas membahas pentingnya aspek sosial budaya dalam rencana pembangunan IKN.

25 Februari 2020

Dialog Nasional VI IKN “Menuju Ibu Kota Negara Lestari dan Berkelanjutan”

Berperan sebagai wadah pelibatan publik dalam mewujudkan IKN yang inklusif, lestari dan berkelanjutan serta mampu mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih luas, dialog ini bertujuan untuk menyampaikan hasil Rapid Assessment IKN serta menjaring masukan dari berbagai pihak.

11 Februari 2020

Bagaimana Dampak Pemindahan Ibu Kota Bagi Jakarta?

Dampak pemindahan Ibu Kota Negara terhadap Jakarta meliputi berbagai aspek, diantaranya populasi penduduk, pertumbuhan ekonomi, hingga pembukaan lapangan kerja baru.

19 November 2019

Harapan Masyarakat Jakarta Bagi IKN

Pandangan dan harapan dari masyarakat Jakarta mengenai dampak pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan

8 November 2019

Dialog Nasional Pemindahan IKN IV

Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur merupakan investasi yang lebih serius di luar Pulau Jawa dalam mengurangi kesenjangan ekonomi antar wilayah di Indonesia. Dalam Dialog Nasional Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Ke-4, Senin (16/9), untuk mendapatkan pandangan dan masukan mengenai dampak investasi yang timbul dari adanya pemindahan IKN terhadap ekonomi dan strategi pembiayaan yang inovatif untuk pemindahan IKN. 

16 September 2019

Dialog Nasional Pemindahan IKN: Kalimantan Untuk Indonesia

Kementerian PPN/Bappenas terus mengulas lebih dalam tentang lokasi pemindahan IKN. Dalam Dialog Nasional Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN): Kalimantan untuk Indonesia Rabu (21/8), Kalimantan Timur merupakan salah satu pilihan lokasi pemindahan IKN, karena tidak memiliki sejarah becana dan wilayahnya dekat dengan kota besar.

21 Agustus 2019

Dialog Nasional Pemindahan IKN III

Pembangunan Ibu Kota Negara akan menggunakan master plan dan urban design yang menggambarkan kota yang ideal dan menjadi standar bagi pengembangan kota-kota besar atau wilayah metropolitan di Indonesia.

1 Agustus 2019

Dialog Nasional Pemindahan IKN

Kementerian PPN/Bappenas terus merampungkan kajian dalam menentukan lokasi pasti pemindahan IKN. Kalimantan Tengah berpotensi menjadi lokasi pemindahan IKN karena memiliki keunggulan lahan yang luas serta lingkungan sosial budaya yang memegang teguh Pancasila. 

19 Juli 2019

Dialog Nasional Pemindahan IKN

Sebagai salah satu alternatif lokasi pemindahan IKN, Kalimantan Selatan memiliki keunggulan lokasi yang berada tepat di tengah dan wilayah yang bebas bencana alam. Kementerian PPN/Bappenas menggelar Dialog Nasional Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN): Kalimantan untuk Indonesia yang mengangkat tema “Menuju Ibu Kota Masa Depan: Smart, Green, Beautiful, dan Sustainable” di Kalimantan Selatan, untuk mendapatkan masukan terkait kesiapan Kalimantan Selatan menjadi salah satu calon lokasi IKN.

15 Juli 2019

Dialog Nasional Pemindahan IKN

Kementerian PPN/Bappenas menggelar Dialog Nasional Pemindahan Ibu Kota Negara dengan tema “Menuju Ibu Kota Negara Masa Depan” pada Kamis (16/5) yang bertujuan untuk mensosialisasikan hasil kajian pemindahan Ibu Kota Negara untuk mendapatkan masukan dari para pakar dan pelaku industri yang telah hadir sebagai narasumber.

16 Mei 2019

SIARAN PERS

SEKILAS IKN

Bagaimana IKN menggerakkan perekonomian Indonesia?

Kementerian PPN/Bappenas menyiapkan strategi pengembangan ekonomi di IKN dan Kalimantan Timur. IKN diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi Indonesia dengan terciptanya kesempatan kerja baru di sektor infrastruktur yang dapat menyerap sampai dengan 500 ribu pekerja konstruksi potensial hingga 2024. Angka tersebut terus dikaji, sesuai perkembangan terkini.

Selain itu, pemerintah akan melakukan diversifikasi dan mengembangkan sektor ekonomi baru, serta menjalankan prinsip pengembangan industri yang berkelanjutan, hijau, dan bernilai tambah tinggi. IKN akan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui enam kluster ekonomi dan dua kluster pendukung, antara lain industri teknologi bersih, farmasi terintegrasi, industri pertanian berkelanjutan, ekowisata, bahan kimia dan produk kimia, dan energi rendah karbon. Dengan strategi tersebut, IKN akan mengembangkan ekonomi regional hingga empat sampai lima kali lipat dan menciptakan 4,3-4,8 juta lapangan pekerjaan di Kalimantan Timur pada 2045. Konsep pembangunan di IKN akan dilaksanakan melalui kerja sama Ekosistem Tiga Kota, yaitu IKN, Balikpapan, dan Samarinda.

Mengapa Kalimantan Timur dipilih sebagai lokasi IKN?
  • Aksesibilitas lokasi tinggi, dekat dengan dua kota besar yakni Balikpapan dan Samarinda
  • Infrastruktur utama tersedia, yaitu Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dan Trans Kalimantan
  • Bandara di Balikpapan dan Samarinda, serta Pelabuhan Terminal Peti Kemas Kariangau, Balikpapan dan Pelabuhan Semayang, Samarinda
  • Struktur kependudukan heterogen dan terbuka
  • Lahan luas, berstatus Hutan Produksi dan Perkebunan
  • Pertahanan dapat didukung oleh Tri Matra Darat, Laut, Udara
  • Air baku dari 3 waduk existing, 2 waduk yang direncanakan, 4 sungai, dan 4 Daerah Aliran Sungai
  • Kemampuan lahan sedang untuk konstruksi bangunan
  • Berada di jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia II (Selat Makassar)
Bagaimana konsep penerapan IKN sebagai superhub?
  • Superhub sebagai Inspirasi Universal
    Superhub yang menjadi teladan sebagai kota yang hijau, berkelanjutan, dan bertaraf hidup tinggi di tengah tantangan perubahan iklim dengan menggunakan teknologi
  • Superhub dan Dunia
    Superhub yang membantu menempatkan Indonesia di posisi yang lebih strategis dalam jalur perdagangan dunia, arus investasi dan inovasi teknologi
  • Superhub dan Indonesia
    Superhub yang mengubah perekonomian Indonesia menjadi lebih inklusif melalui strategi Tiga Kota, dengan menjadi penggerak ekonomi bagi Kalimantan Timur dan pemicu untuk memperkuat rantai nilai domestik di seluruh Kawasan Timur Indonesia dan seluruh Indonesia
Bagaimana pembagian kawasan di IKN?

Kawasan IKN terbagi menjadi:

IKN seluas 256.142,72 ha

  • Akan menjadi katalis untuk wilayah Kalimantan Timur dengan memanfaatkan keunggulan Balikpapan dan Samarinda
  • 75% kawasan IKN direncanakan menjadi ruang terbuka hijau, di mana 65% menjadi area yang dilindungi dan 10% untuk produksi pangan
  • IKN dikembangkan dengan 100% energi bersih

K-IKN seluas 56.180,87 ha

  • Terdiri atas berbagai zona mixed-use dan neighborhood yang mendukung konsep “10 Menit Berjalan Kaki” dan konektivitas sosial
  • Didesain selaras dengan alam, dengan minimal 50% ruang hijau
  • 80% perjalanan dilakukan melalui transportasi publik atau mobilitas aktif penduduk
  • 100% pergantian ruang hijau untuk setiap bangunan
Bagaimana strategi fasilitas umum dan transportasi di IKN?
  • Pelaksanaan kajian sistem transportasi yang terpadu dan terintegrasi antar mode
  • Koordinasi untuk memastikan integrasi pembangunan infrastruktur jalan dengan angkutan umum
  • Pembangunan infrastruktur jalan meliputi konstruksi jalan mendukung logistik dan jalan akses menuju IKN, serta penyiapan readiness criteria jalan utama IKN, jalan distrik (dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan) dan jalan tol.
  • Pengembangan Bandara APT Pranoto Samarinda dan Bandara Sepinggan Balikpapan, beserta penyiapan Bandara VVIP
  • Pengembangan Terminal Tipe A Samarinda Seberang
  • Pemanfaatan dermaga PT ITCI untuk mendukung logistik dan pengembangan Pelabuhan Penajam Paser
Bagaimana dengan UU dan Payung Hukum IKN?

Pemindahan IKN membutuhkan beberapa kerangka regulasi, antara lain sebagai berikut:

  1. UU Ibu Kota Negara
  2. Berdasarkan RUU IKN, dibutuhkan peraturan pelaksana setingkat Peraturan Presiden untuk mengatur beberapa hal, yaitu:
    • Otorita IKN
    • Rencana Induk Pembangunan Ibu Kota Negara
    • Pengelolaan pertanahan pada Wilayah KSN IKN
    • Rencana Tata Ruang KSN
    • Pembagian Wilayah
    • Rencana Induk Pertahanan dan Keamanan Ibu Kota Negara
    • Pembatasan Pengalihan Hak Atas Tanah pada KSN IKN
    • Pemindahan Status Ibu Kota Negara dari Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta ke IKN
    • Struktur Organisasi, Tugas dan Wewenang Pemerintahan Khusus IKN
    • Delegasi Kewenangan Perizinan dari Kementerian/Lembaga
    • Pendanaan Pembangunan dan Penyelenggaraan IKN
    • Pengelolaan dan Pemanfaatan Barang Milik Negara di wilayah IKN
  3. Peraturan pelaksana setingkat peraturan lembaga yaitu Peraturan Kepala Otorita IKN tentang RDTR KSN IKN
  4. Jumlah peraturan pelaksana yang dibentuk akan ditetapkan kemudian sesuai dengan kebutuhan norma pengaturannya.
Bagaimana implementasi Smart Security untuk pertahanan dan keamanan IKN?
  • Smart Security merupakan instrumen yang mampu mengelola dan mengatasi berbagai bentuk permasalahan Kamtibmas dengan dukungan teknologi informasi, infrastruktur, dan SDM yang humanis
  • Implementasi Smart Security di IKN fokus pada Pelayanan Kepolisian dan Pencegahan Kejahatan (crime reduction). Dalam Pelayanan Kepolisian, Smart Security akan mendukung e-Policing, Kamseltibcar Lantas Modern, emergency & response, dan Layanan Kepolisian Terpadu. Sedangkan dalam Pencegahan Kejahatan, strategi yang akan dibentuk adalah Sispam Kota Modern dan Community & Partner Engagement
  • Smart Security di IKN sebagai salah satu pilar dari Smart City dapat dioptimalkan dalam mengatasi kompleksitas, meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam bidang Kamtibmas
Bagaimana kondisi sosial dan budaya lokasi IKN saat ini?

Lokasi Ibu Kota Negara akan dibangun di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur. Berdasarkan Sensus Penduduk 2020, jumlah penduduk Kalimantan Timur sebanyak 3,77 juta jiwa. Penduduk Kalimantan Timur didominasi penduduk pendatang atau sekitar 83 persen, dengan mayoritas bersuku Jawa, Bugis dan Banjar. Sementara itu, jumlah penduduk asli hanya sekitar 17 persen, bersuku Kutai, Paser, dan Dayak. Struktur masyarakat di Provinsi Kalimantan Timur cukup heterogen dan beragam karena pembauran yang terjadi antara penduduk asli dan penduduk pendatang.

Penduduk pendatang yang ada di Kalimantan Timur merupakan penduduk yang sudah sejak lama pindah dan menetap di Kalimantan Timur, bahkan tidak sedikit yang lahir dan tumbuh besar di Kalimantan Timur. Tingginya jumlah penduduk pendatang di Kalimantan Timur tersebut, utamanya disebabkan program transmigrasi. Akulturasi budaya telah berlangsung melalui berbagai proses budaya, interaksi sosial, dan migrasi penduduk yang membentuk keberagaman suku bangsa dan pluralisme budaya. Proses ini membangun local genius sehingga masyarakat Kalimantan mampu merespons dan menerima budaya dari luar, serta hidup berdampingan dengan suku lain.

IKN didesain sebagai pusat kebudayaan nasional dan peradaban bangsa yang mencerminkan kebinekaan Indonesia sehingga IKN mampu memperkuat identitas nasional dan persatuan bangsa. IKN akan dibangun berlandaskan nilai budaya yang tumbuh dan berkembang di nusantara dengan memperhatikan lingkungan, sejarah, dan budaya masyarakat Kalimantan.

Bagaimana penerapan forest city dan kota berkelanjutan di IKN?

Konsep forest city memerlukan setidaknya 65% tutupan hutan dari seluruh wilayah IKN yang dicapai dengan upaya rehabilitasi hutan dan lahan di wilayah IKN seluas 58.570 ha. Area tersebut saat ini dalam kondisi lahan terbuka, area bekas tambang, semak belukar, dan area konsesi yang akan dilakukan pemanenan. Diperlukan desain lanskap yang terintegrasi untuk memastikan capaian forest city, baik melalui penanaman, maupun perlindungan tutupan hutan yang saat ini masih baik.

IKN memiliki karakteristik wilayah yang sangat sensitif dan limitasi ekologi yang tinggi terhadap pembangunan sehingga proses pembangunannya harus dilakukan dengan cermat. Demi memastikan pembangunan IKN menerapkan konsep kota yang berkelanjutan serta mempertimbangkan aspek daya dukung sumber daya alam dan daya dukung lingkungan hidup, maka pada 2020, telah dilakukan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Master Plan IKN. Penyusunan KLHS Master Plan IKN ini dilakukan secara terintegrasi dengan penyusunan Master Plan IKN.

Bagaimana mengenai aspek perlindungan lingkungan dalam pemindahan IKN?

Kelompok Kerja Lingkungan Hidup dan Kebencanaan Tim Koordinasi Strategis Persiapan Rencana Pemindahan IKN telah menyusun Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk Master Plan IKN. Segala hal yang berhubungan dengan aspek lingkungan persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN telah dikaji dalam kajian tersebut, mencakup identifikasi isu lingkungan, analisis, serta alternatif dan rekomendasi untuk mitigasi isu-isu yang telah diidentifikasi.

Pembangunan IKN akan selalu memperhatikan KLHS, mengingat IKN akan dibangun dengan visi Kota Dunia untuk Semua dan dengan tujuan menjadi Kota Paling Berkelanjutan di dunia. Selain itu, dalam Master Plan IKN, pembangunan IKN akan merestorasi 75% habitat alami, termasuk melakukan revitalisasi Hutan Bukit Soeharto yang sudah mulai rusak. Draf RUU IKN juga menekankan bahwa pembangunan IKN akan didasarkan pada aspek daya tampung dan daya dukung lingkungan.