Otorita IKN Gaet Investor Amerika Serikat untuk Berinvestasi di Nusantara

NEW YORK, USA  Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi berbicara dalam Bisnis Forum yang bertemakan “Trade and Investment Opportunities in Nusantara, Indonesia’s New Capital City” di New York, Amerika Serikat pada Senin (20/11/2023). Acara yang diselenggarakan di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York ini mempertemukan para pemangku kepentingan dalam bidang bisnis dan investasi dari Indonesia dan Amerika Serikat. Hadir pula sebagai keynote speech, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan.

“Indonesia dan Amerika Serikat merupakan dua negara besar dunia yang sama-sama berbentuk demokrasi dengan sistem Presidensil. Kemitraan strategis keduanya merupakan hal penting dalam mewujudkan investasi berkelanjutan di Indonesia. Dalam kegiatan ini, kami memperkenalkan serta mengajak para investor Amerika Serikat untuk berkontribusi dalam pembangunan Nusantara sebagai representasi Kota Dunia untuk Semua. Roadshow investasi ke pantai timur Amerika Serikat di New York dan Washington DC ini melanjutkan yang telah diarahkan Bapak Presiden saat di pantai barat Amerika Serikat di San Francisco ketika forum APEC,” ungkap Deputi Agung.

Konsul Jenderal Republik Indonesia di New York, Winanto Adi, menyampaikan pentingnya kerja sama Indonesia dan Amerika Serikat dalam membangun IKN sebagai proyek dunia yang akan memberikan dampak penting bagi kawasan dan dunia. Beliau mengundang para investor asing, terutama dari mitra sahabat dan strategis, seperti Amerika Serikat, untuk bergabung dan mendukung pembangunan IKN.

“Amerika Serikat memiliki pengalaman dan keahlian yang kaya dalam membangun dan mengembangkan ibu kota, seperti Washington D.C. Kedua negara dapat belajar dari pengalaman satu sama lain dalam membangun dan mengembangkan ibu kota masing-masing serta dalam menghadapi tantangan dan peluang yang dihadapi, termasuk berkolaborasi dalam berbagai sektor, seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pariwisata yang relevan dan penting dengan proyek Ibu Kota baru. Kami mengundang seluruh investor untuk mengambil kesempatan serta menjadi bagian dalam proyek bersejarah ini. Pemerintah Indonesia akan memberikan dukungan dan pendampingan terbaik yang diperlukan, dalam menyukseskan pembangunan IKN,” tegas Winanto Adi.

Kegiatan yang juga diinisiasi oleh Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) New York dan Urbahn Architecs International ini diselenggarakan dalam mendukung capaian investasi Indonesia dengan Amerika Serikat.

“IIPC New York tentunya akan mendukung penuh tugas Otorita IKN, khususnya terkait promosi peluang dan potensi IKN serta fasilitasi investor Amerika Serikat. Ke depannya, kegiatan Business Forum kemarin menjadi Langkah awal kolaborasi promosi dan fasilitasi antara IIPC New York dan Otorita IKN yang konkret untuk meningkatkan investasi Amerika Serikat di IKN,” jelas Deputy Director IIPC New York, Meidina Megan.

Direktur ASEAN Business Development Urbahn Architecture International, Rafi Haikal, juga menyampaikan peran institusinya dalam menjembatani desainer, pengembang, dan investor potensial ke IKN serta integrasi arsitektur kelas New York dalam mengembangkan arsitektur di IKN.

“Urbahn International mensponsori dan mengkurasi “Forum Desain dan Bisnis: Opportunitiesin Nusantara, Indonesia’s New Capital City”, sebuah kegiatan networking yang dihadiri oleh 100 orang di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York. Kegiatan ini bertujuan untuk menjembatani arsitek Indonesia dan Amerika, termasuk para pengembang, serta memperkenalkan usaha baru Urbahn International. Forum tersebut mempertemukan Deputi Investasi OIKN sekaligus IIPC New York, dengan para pemain utama industri di New York, Chicago, Washington DC, dan Los Ageles,” tutur Rafi Haikal.

Setelah melakukan pertemuan di New York, delegasi Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN melanjutkan kunjungan kerja ke Washington D.C dan melakukan pertemuan dengan Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Kedutaaan Besar Republik Indonesia di Washington D.C., Sade Bimantara. Pertemuan tersebut membahas beberapa topik seputar pembangunan IKN, tindak lanjut pertemuan bilateral Presiden RI dan AS di Washington D.C., serta upaya peningkatan investasi dari Amerika Serikat ke IKN.

Atase Perdagangan Republik Indonesia di KBRI DC, Ranitya Kusumadewi, menyampaikan bahwa pihaknya akan turut mendukung pembangunan IKN.

“Kementerian Perdagangan akan mendukung Otorita IKN dalam mewujudkan Ibu Kota Negara Nusantara yang berasaskan pada pemerataan ekonomi, serta memanfaatkan IKN dalam memperkuat sektor perdagangan yang transformatif. Untuk itu, investasi yang juga diharapkan hadir di IKN adalah sektor pendukung perdagangan seperti infrastruktur transportasi dan logistik,” ujarnya.

Pertemuan-pertemuan yang dilakukan oleh OIKN di Amerika Serikat diharapkan dapat menarik minat investasi Amerika Serikat untuk bekerja sama dengan investor dalam negeri dalam membangun IKN.

"Kami meyakini minat investor Amerika Serikat cukup tinggi dan diharapkan dapat bekerja sama dengan investor domestik untuk merealisasikannya, seperti proyek-proyek investasi yang sudah groundbreaking sejauh ini yang merupakan kolaborasi investor domestik dan investor asing," pungkas Deputi Agung.

 

 

(Selasa, 28 November 2023)

 

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

29 November 2023