Otorita IKN dan KADIN Awali Konsultasi Publik tentang Insentif dan Sosialisasi Peluang Investasi

BALIKPAPAN  Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Kamar Dagang Industri Indonesia (KADIN) awali roadshow untuk Konsultasi Publik tentang Insentif dan Sosialisasi Peluang Investasi kepada semua pengusaha nasional dan daerah di kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu, 16 Agustus 2023.  Kegiatan tersebut bertepatan dengan Rapat Kerja Nasional KADIN dan pengukuhan Dayang Donna Faroek sebagai Ketua Kadin Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam melaksanakan kegiatan tersebut, OIKN dan Kadin juga berkolaborasi dengan Kementerian Keuangan untuk menyampaikan informasi mengenai berbagai insentif dan fasilitas kemudahan berusaha yang dapat diterima oleh para penanam modal. 

Panelis pertama, Purwitohadi, Analis Kebijakan Madya Badan Kebijakan Fiskal, membawakan materi mengenai pokok kebijakan fasilitas PPh. Selanjutnya, Dwi Setyobudi, Kepala Seksi PPh Badan II Direktorat Jenderal Pajak, menyampaikan materi tentang proses bisnis fasilitas PPh di IKN. Berikutnya, Arief Effendhi, Kepala Seksi Peraturan PPn Industri III Direktorat Jenderal Pajak, memberikan penjelasan mengenai fasilitas PPN di IKN. Kemudian, Tommy Prasetyo, Kepala Seksi Evaluasi dan Fasilitas Pembebasan Direktorat Jenderal Bea Cukai, fasilitas kepabeanan impor untuk penanam modal di IKN. Terakhir, Marwan Riyandi, Secondment Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, menyampaikan materi tentang peluang investasi di IKN.

Beberapa insentif dan fasilitas yang dapat diterima para penanam modal di Nusantara adalah super tax deduction, tax holiday, hingga keringanan bea masuk. Otorita bahkan sudah menyiapkan paket-paket investasi yang dapat diakses oleh para penanam modal dari berbagai sektor dan skala. OIKN menekankan bahwa investasi di IKN terbuka bagi semua pihak.

Tak hanya menyampaikan materi, kegiatan ini juga dimanfaatkan oleh para regulator untuk menangkap berbagai aspirasi penanam modal mengenai insentif dan fasilitas penanaman modal. Hal ini disambut baik oleh para peserta yang turut menyampaikan masukan dalam sesi tanya jawab.

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono dalam sambutan pembuka mengatakan, “Saya berharap agar Kadin dapat mengintensifkan kegiatan semacam ini agar para pelaku usaha yang tertarik berinvestasi di Ibu Kota Nusantara mengetahui berbagai fasilitas dan kemudahan yang mereka akan dapatkan. Apabila ada Bapak atau Ibu pelaku usaha yang tertarik melihat langsung proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara – dan apabila waktunya sedang “pas” – saya  pasti akan senang hati menyambut Bapak dan Ibu di sana.

Ketua Umum Kadin Indonesia M Arsjad Rasjid PM sebut pembangunan ekonomi Kaltim diatas nasional. Selanjutnya, peran Kaltim sangat diperlukan mendukung pembangunan ekonomi daerah khususnya IKN. Kadin Kaltim diharapkan menjadi mitra pemerintah membantu pengembangan SDM. Selain itu, diharapkan UMKM menjadi pondasi ekonomi Indonesia. "IKN bukan hanya memerlukan investasi, tetapi juga perlu pengembangan kualitas SDM. Terutama mengembangkan UMKM," jelasnya. 

Gubernur Kaltim Isran Noor dalam sambutannya meminta pengurus dan anggota Kadin Kaltim mampu menangkap peluang dalam pengembangan penurunan emisi karbon. Sebab, hingga saat ini Kaltim diberikan anugerah kekayaan sumber daya alam yang luar biasa melimpah. Bahkan, hingga saat ini belum banyak dikelola secara maksimal. Karena itu, peran pengusaha khususnya Kadin dituntut lebih optimal lagi.

Agung Wicaksono, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan peluang investasi di IKN kepada para pengusaha lokal. “IKN sebagai “a world city for all” tentu mengutamakan keterlibatan pengusaha Indonesia untuk bersama-sama membangun Nusantara melalui investasi,” tegas Agung.

Selain itu, Ketua Kadin Provinsi Kaltim, Donna Faroek menyampaikan, “Kami siap mendukung pemindahan Ibu Kota Negara dengan mendorong keterlibatan para pengusaha lokal dan UMKM”.

Hadir, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto, Ketua Kadin Kaltim Hj Dayang Donna Faroek, Perwakilan Pemkab dan Pemkot se Kaltim, Forkopimda Kaltim, Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Anindya Bakrie dan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Yukki Nugrahawan Hanafi serta Wakil Ketua Umum Eka Satra serta tokoh masyarakat se Kaltim.

Kegiatan konsultasi publik di Balikpapan sendiri merupakan "babak pertama" dari serangkaian kegiatan konsultasi publik yang akan dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia. Berikutnya, OIKN, Kadin, dan Kementerian Keuangan berencana untuk melaksanakan kegiatan serupa di Medan, Denpasar, Makassar, dan Jakarta. Otorita berharap agar pelaksanaan kegiatan ini dapat mendorong minat para investor mengenai potensi berinvestasi di IKN.

 

(Sabtu, 19 Agustus 2023)

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

22 November 2023