Tampil Sebagai Exhibitor, IKN Banyak Diminati Investor Korea Selatan

SEOUL  Ibu Kota Nusantara (IKN) tampil sebagai exhibitor terbesar dalam agenda Resepsi Diplomatik 50 Tahun Indonesia-Korea Selatan. Sejalan dengan rencana pemindahan ibu kota, agenda Resepsi Diplomatik kali ini mengusung tema “Ibu Kota Nusantara, Kota Dunia Untuk Semua”. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Otorita IKN, sekaligus menjadi ajang untuk memperkenalkan konsep pembangunan sustainable forest city.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi, Agung Wicaksono saat menghadiri agenda Resepsi Diplomatik 50 Tahun Indonesia-Korea Selatan yang diselenggarakan di Hotel Lotte Seoul, Korea Selatan, pada Kamis (31/08/2023).

Lebih lanjut Deputi Agung mengungkapkan, “Banyak investor Korea yang berminat pada IKN dan telah berproses.” Sejalan dengan pernyataan tersebut, Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto juga mengatakan bahwa IKN telah memiliki makna yang lebih dari sekedar Ibu Kota Nusantara.

“Banyak perusahaan Korea Selatan menunjukkan ketertarikan untuk berinvestasi di ibu kota baru Indonesia. Karena hal ini, banyak orang mengenal IKN juga sebagai Indonesian Korean Network,” kata Dubes Sulis.

Sementara itu, Ketua Komite Persahabatan Parlemen Korea-Indonesia, Mr. Kim Gi Hyeon mengajak agar kedua negara dapat terus berperan aktif dan memperkuat solidaritas strategis di berbagai bidang termasuk ekonomi, diplomasi, kerja sama pertahanan, dan kebudayaan. Selain itu, Kim berharap agar persahabatan Indonesia-Korea Selatan dapat terus berlanjut.

Turut hadir Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD sebagai Ketua Delegasi Pemerintah RI. Menko Mahfud menegaskan bahwa Indonesia dan Korea Selatan memiliki modalitas yang kuat dalam memajukan kemitraan strategis karena memiliki banyak kesamaan nilai. Dalam kesempatan tersebut, Menko Mahfud juga mengunjungi bilik IKN, di mana Otorita IKN turut berpartisipasi dalam rangkaian pameran Resepsi Diplomatik 50 Tahun Indonesia-Korea Selatan tersebut.

“Sebuah kehormatan juga bagi OIKN ketika Menko Polhukam Mahfud MD selaku ketua delegasi pemerintah RI turut menyambut dan menghampiri bilik IKN, terus menunjukkan dukungannya untuk Otorita Ibu Kota Nusantara,” tutup Deputi Agung.

Adapun resepsi diplomatik ini merupakan acara perayaan puncak memperingati hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korea Selatan yang telah mencapai 50 tahun pada tahun ini. Dengan mengangkat tema “Closer Friendship Stronger Partnership”, diharapkan semakin memperkuat hubungan diplomatik antara kedua negara di masa yang akan datang.

 

(Selasa, 5 September 2023)

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

23 November 2023