Kunjungi IKN, Center for Livable Cities Singapura Bagikan Pengalaman Membangun Kota Layak Huni

PENAJAM PASER UTARA – Center for Livable Cities (CLC), sebuah organisasi di bawah Kementerian Pembangunan Nasional Singapura bagikan pengalamannya membangun kota layak huni kepada Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara OIKN dan CLC untuk mengembangkan kota layak huni di IKN pada Kamis, 16 Maret 2023 lalu.

“Saya harap kita dapat memiliki lebih banyak sesi dengan CLC ke depan. Singapura merupakan sebuah kota dan juga negara yang menjadi inspirasi bagi banyak kota di dunia termasuk Indonesia,” tutur Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN Silvia Halim di Hunian Pekerja Konstruksi, Penajam Paser Utara, Kamis (13/07/2023).

Deputi Silvia menyebutkan, Singapura merupakan salah satu contoh yang sangat baik bagi Otorita IKN yang akan menjadi kota berkelanjutan, cerdas, dan hijau. “Banyak kerja keras yang dibutuhkan untuk membangun kota dari nol di tengah hutan, tetapi kami percaya bahwa pembelajaran dan upaya tidak harus dimulai dari nol,” ujarnya. 

Ia menambahkan, belajar dari pengalaman negara lain seperti Singapura merupakan cara terbaik untuk belajar. Berbagai pengetahuan dan pengalaman dapat dipelajari dan kemudian ditingkatkan. 

“Mudah-mudahan kita memiliki kesempatan untuk melakukan dengan lebih baik dan kemudian membangun kota untuk masa depan, bukan hanya untuk Indonesia tetapi kita berbicara tentang dunia,” ujarnya.

Hadir sebagai narasumber Senior Advisor dari Housing Development Board Fong Chun Wah membawakan paparan terkait fasilitas untuk kota baru; Executive Director Urban Redevelopment Authority Han Yong Hoe membawakan kontrol pembangunan di Singapura; dan Director Energy Market Authority Toh Wee Khiang membawakan materi transisi energi di Singapura.

Executive Director CLC Hugh Lim menyampaikan apresiasinya setelah melihat langsung progres pembangunan IKN di lapangan. “Seperti yang Pak Bambang (Kepala Otorita IKN) sampaikan berulangkali seeing is believing, sehingga datang ke sini merupakan sebuah privilege untuk kami dapat melihat langsung kemajuan luar biasa dari proyek yang sangat penting bagi tetangga dan teman baik kami Indonesia,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama rombongan CLC berkesempatan untuk melihat langsung dari sejumlah titik di kawasan IKN, seperti Bendungan Sepaku Semoi, Titik Nol Nusantara, Sumbu Kebangsaan Barat, dan Hunian Pekerja Konstruksi. 

“Dan hari ini kami jauh lebih memahami medan dan tahapan pembangunan proyek, dan kami dapat melihat rencana yang sangat komprehensif untuk itu,” ujar Hugh.

Pada kunjungan kali ini ia berharap dapat bertukar pengetahuan dari pengalaman pembangunan di Singapura. Menanggapi hal tersebut Deputi Silvia berharap para peserta dari Otorita IKN dapat belajar, mencari informasi sebanyak mungkin dan kemudian mendiskusikannya kepada para narasumber. “Ini adalah kesempatan yang langka untuk menghadirkan semua narasumber berada di sini untuk berbagi pengalaman dengan kita, untuk kita menantikan diskusi yang aktif,” ujarnya. 

 

(Rabu, 12 Juli 2023)

Dokumentasi Foto
Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

22 November 2023