Otorita IKN Ajak Generasi Muda Kalimantan Timur Tingkatkan Kualitas SDM Sambut IKN

BALIKPAPAN Generasi muda merupakan pewaris Ibu Kota Nusantara (IKN) di masa depan. Oleh sebab itu Otorita IKN mengajak berbagai organisasi mahasiswa dan kepemudaan Kalimantan Timur berdiskusi terkait percepatan peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk menyambut pembangunan IKN. 

Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Alimuddin pada Seminar dan Diskusi Nasional Akselerasi Peningkatan Sumber Daya Manusia sebagai Wujud Pembangunan Manusia di Ibu Kota Nusantara di Balikpapan, Selasa (11/7/2023), mengatakan, untuk menjadi bagian dari sejarah pembangunan IKN akan ditentukan dari kesiapan membangun sumber daya manusianya. 

“Generasi muda yang memiliki dan mewarisi IKN ini untuk menjadi pemain di masa yang akan datang. Tentu menjadi pemain bukan hal yang mudah, sebelum menjadi pemain kita harus mempersiapan diri dengan berlatih, berlatih, dan berlatih,” kata Deputi Alimuddin. 

Menurut Deputi Alimuddin, membangun IKN tidak terbatas pada kerja konstruksi. “Ini kan proses membangun IKN itu banyak peluang-peluang yang bisa kita dapatkan. Bayangkan 17.000 orang datang kalau kita tidak melihat potensi-potensinya, butuh makan, butuh karet gelangnya, potensi-potensi ini harus kita tangkap,” ujarnya.

Sebagai informasi, kegiatan seminar dan diskusi ini merupakan salah satu forum bagi generasi muda menyampaikan aspirasi dan bertukar pikiran terkait IKN. Acara ini turut dihadiri lebih dari 240 peserta dari berbagai organisasi mahasiswa dan kepemudaan se-Kalimantan Timur.

Koordinator BEM Nusantara Kalimantan Agung Syahrir berharap melalui diskusi di forum ini, berbagai gagasan yang muncul dapat diwujudkan. “Ide, pikiran, dan gagasan temen-temen silahkan dituangkan dan disampaikan ke Bapak Deputi (Alimuddin), karena Bapak Deputi (Alimuddin) siap memfasilitasi pemuda Kalimantan Timur,” ujar Agung.

Dalam kesempatan ini, BEM Nusantara juga menegaskan dukungannya terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara. Mereka akan membagikan gagasannya untuk meningkatkan daya saing pemuda Kalimantan Timur. “Kami dari BEM Nusantara ingin mengawal Ibu Kota Nusantara,” tegas Agung.  

Turut hadir sebagai narasumber dalam diskusi hari ini bersama Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN; Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur Agus Hari Kesuma; Staf Ahli Bidang Sosial Budaya Pangdam VI/Mulawarman Kolonel CZI Darody Agus; Wakil Rektor Universitas Mulawarman Bidang Umum, SDM, dan Keuangan Sukartiningsih.

Sementara dari lingkungan Otorita IKN hadir Staf Khusus Bidang Keselamatan Publik Brigjen Pol. Edgar Diponegoro; Direktur Pelayanan Dasar Suwito; dan Kepala Biro Perencanaan, Organisasi, dan Kerja Sama / Plt. Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Hubungan Masyarakat I.G.A. Krisna Murti RS.  

 

(Selasa, 11 Juni 2023)

Dokumentasi Foto
Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara  

21 November 2023