Universitas Indonesia Kunjungi IKN untuk Tindak Lanjut Kerjasama Pendidikan

NUSANTARA  Universitas Indonesia (UI)adakan tinjauan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai tindaklanjut kerja sama dengan Otorita IKN di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, pada Minggu (10/9/2023). Momen ini ditengarai dapat memperkuat komitmen kolaborasi, sekaligus sebagai pionir untuk mendukungimplementasi bidang akademis di IKN

Dalam kunjungannya, UI dengan Otorita IKN sempat melakukan diskusi terkait peran universitas di IKN nantinya. Deputi Bidang Teknologi Hijau dan Digital Prof. Mohammed Ali Berawi menyampaikan, terdapat klaster riset bagi universitas yang dapat dilakukan (sesuai 24 indikator kinerja utama, KPI, pembangunan IKN). Salah satunya melalui penyelenggaraan bidang pendidikan dan pelatihan, seperti pengabdian masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia. “klaster riset ini terdiri atas sosial-humaniora, energi, pangan, dan transportasi, well-being dan konservasi lingkungan, serta teknologi informatika. Kami susun lingkup riset ini agar selaras dengan arah dan visi pembangunan Nusantara dalam segi brainware, software, dan hardware, serta melibatkan pihak kampus dan pemerintah sektor riset dan Pendidikan untuk berpartisipasi” ujarnya.

Sejalan dengan hal itu, Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat, Alimuddinmenuturkan bahwa peran riset dari perguruan tinggi sangat dibutuhkan sebagaireferensi penyusunan kebijakandi IKN. Masukan mengenai pemerhatian aspek kesehatan selain daripada Pendidikan juga ditanggapi dengan baik olehnya. Deputi Alimuddin mengatakan “pengembangan pendidikan dan kesehatan menjadi bagian tidak terpisahkan dari kota inklusif. Penting bagi IKN untuk mencegah kesenjangan fasilitas umum di dalam areal dalam dan luar IKN, sehingga pembangunan dan revitalisasi fasilitas perlu dilakukan”.

Menyambung apa yang disampaikan oleh para Deputi Otorita IKN, pihak UI menyatakan  bahwa perlu adanya konsep hub atau pusat riset IKN di Kawasan Ibu Kota Nusantara, yakni sebagai tempat observasi bagi para peneliti dari berbagai universitas dalam menyusun kebijakan di IKN. “Konsep hub atau pusat riset ini dibutuhkan karena banyak kajian yang tidak selalu bisa diobservasi dari tempat jauh, tetapi harus di lapangan,” jelas Rektor UI Prof. Ari Kuncoro. 

Lebih lanjut, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI Noni Purnomo meyakini bahwa UI akan dapat berperan aktif di dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan bagi pembangunan IKN. “Pembangunan IKN tentunya akan menciptakan dan memanfaatkan berbagai bidang IPTEK, tentunya UI dapat berkontribusi aktif dalam hal ini,imbuh Ketua Senat Akademik UI Prof. Nachrowi Djalal.

Selain melakukan peninjauan di kawasan pembangunan IKN, UI juga menyambangi Rumah Teknologi Nusantara, untuk mengetahui konsep teknologi yang akan diadopsi dalam Cetak Biru Kota Cerdas Nusantara.

 

 

(Senin, 17 September 2023)

 

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

24 November 2023