Fasilitas Pergudangan Digital Akan Segera Hadir di Nusantara

NUSANTARA - Implementasi aspek-aspek digital dan terkini di Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi poin vital dalam pembangunan Nusantara. Aspek pergudangan yang smart, sustainable dan green dirancang oleh PT. Wulandari Bangun Laksana dalam groundbreaking Nusantara Warehouse Park di Nusantara pada Rabu, (17/01/2024).

“Pergudangan yang akan dibangun oleh PT. Wulandari Bangun Laksana akan memanfaatkan teknologi pintar, sehingga mempermudah pelayanan, efisiensi, serta lebih ramah lingkungan,” kata Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ketika meresmikan groundbreaking tersebut.

Joko Widodo menambahkan industri pergudangan seperti Nusantara Warehouse Park akan melengkapi aktivitas pembangunan di Nusantara, paralel dengan pembukaan lapangan pekerjaan baru serta pertumbuhan ekonomi di wilayah Nusantara.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono turut mengapresiasi pembangunan industri pergudangan yang menjadi bentuk investasi yang beragam di Nusantara.

“Dalam groundbreaking ke 4 ini, saya dan Bapak Presiden (Joko Widodo) senang bahwa dalam groundbreaking ini ada keberagaman investasi. Tidak hanya bersifat investasi publik, tetapi berbagai jenis, salah satunya adalah industri pergudangan,” sebut Bambang Susantono.

Bambang mengimbuhkan bahwa dengan investasi yang beragam ini mampu menumbuhkan momentum investasi yang semakin banyak di Nusantara kedepannya. Akan semakin banyak ketertarikan tidak hanya publik dalam negeri, tetapi sektor swasta luar negeri.

Direktur Utama PT. Wulandari Bangun Laksana, Christopher Sumasto menyebut dukungan dari pemerintah terhadap pembangunan proyek ini juga akan meningkatkan investasi-investasi pihaknya di wilayah Nusantara.

“Saat ini, dengan luas tanah sebesar 3,3 ha serta nilai investasi tahap 1 yang sejumlah 100 Milyar, kami akan membangun sebuah pergudangan modern yang memprioritaskan berkelanjutan dan ramah lingkungan. Selanjutnya apabila pemerintah memberi tanah lebih, kami akan menambah investasi serta mengajak mitra-mitra swasta untuk bergabung,” sebut Christopher Sumasto.

Nusantara Warehouse Park terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1C, dekat dengan pintu gerbang tol IKN-BPN. Lokasinya yang strategis akan memudahkan distribusi barang ke berbagai destinasi di seluruh Nusantara, mempercepat rantai pasok dan mengurangi biaya logistik

Selain itu, proyek ini memprioritaskan keberlanjutan dan ramah lingkungan. Dengan penerapan teknologi hijau dan praktik ramah lingkungan, Nusantara Warehouse Park diharapkan dapat menjadi contoh bagi industri pergudangan di seluruh Nusantara.
 

Dokumentasi Foto
Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara
 

19 Januari 2024