Kunjungi Lokasi Pembangunan IKN, Kemenkeu Optimis Pembangunan Sudah On Track

PENAJAM PASER UTARA – Sejumlah pejabat dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan optimismenya setelah melihat langsung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di lapangan. Kunjungan tersebut diikuti oleh rombongan dari lingkungan Kemenkeu seperti Direktorat Jenderal Anggaran (DJA), Biro Hukum, Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), dan lainnya.

Direktur Harmonisasi Peraturan Penganggaran Direktorat Jenderal Anggaran Didik Kusnaini mengungkapkan, sangat optimis setelah melihat pembangunan infrastruktur fisik di lapangan. Ia berharap melalui kerja sama dan sinergi antar kementerian dan lembaga, pemerintah dapat menyelesaikan pembangunan secara tepat waktu.

“Kita optimistik bahwa pembangunan infrastruktur, pembangunan fisik itu sudah menunjukkan progresnya yang cukup berarti, sehingga kita semua sangat mendukung, sangat optimistik jika pembangunan IKN terutama infrastruktur sudah di track yang benar,” kata Didik di sela kunjungannya di IKN, pada Jumat (22/07/2023). 

Didik menyebutkan, kunjungan dari Kemenkeu ke IKN kali ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana realisasi dari regulasi, penganggaran, dan fasilitas yang juga disusun oleh Kemenkeu.

“Kita ingin mengetahui di lapangan apakah yang kita lakukan benar-benar telah yang dibutuhkan dan kita ingin merasakan feels-nya di IKN itu seperti apa. Selain itu, untuk memastikan apa yang kita susun, fasilitas, insentif, regulasi, penganggaran itu benar dilaksanakan di sini,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Hukum Kemenkeu Tio Serapina Siahaan mengajak masyarakat untuk turut mendukung pembangunan IKN. Sebab, menurutnya, IKN merupakan momentum Indonesia bergerak menjadi negara yang luar biasa. 

“Saya benar-benar semangat ketika diajak ikut kunjungan ini dan ketika melihat perkembangan yang sudah dibangun semakin semangat lagi,” imbuhnya.

Tak hanya itu, optimisme juga disampaikan oleh Sekretaris Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Dini Kusumawati. “Alhamulillah waktu saya lihat-lihat saya sangat optimis jadi di beberapa titik ternyata melebihi target dan insyaAllah saya yakin dengan optimisme semua yang ada di sini kita akan menyelesaikan tepat waktu dan semoga bisa lebih cepat,” ujarnya.

Dini berharap ke depannya pembangunan IKN dapat segera selesai dan akan menjadi sebuah kota cerdas yang tak hanya layak huni (liveable) tetapi juga dicintai (loveable).

Dalam kunjungan kali ini, rombongan Kemenkeu didampingi Plt. Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Hubungan Masyarakat I.G.A. Krisna Murti R.S. melihat sejumlah lokasi pembangunan di kawasan IKN seperti pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan, hunian pekerja konstruksi, dan Bendungan Sepaku Semoi. Kunjungan dari lapangan diakhiri dengan berkunjung ke Kantor Perwakilan Otorita Ibu Kota Nusantara di Balikpapan. Staf Khusus Bidang Keselamatan Publik Kepala Otorita IKN Edgar Diponegoro dan Kepala Kantor Perwakilan Otorita IKN Balikpapan Achmad Adipati Karnawijaya.

 

(Jumat, 21 Juli 2023)

Dokumentasi Foto
Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

22 November 2023