Investor India Kunjungi Nusantara Menjajaki Peluang Investasi di Berbagai Bidang

PENAJAM PASER UTARA Nusantara semakin menarik perhatian investor dunia terbukti dari banyaknya investor yang berkunjung lansung ke lapangan. Baru-baru ini Duta Besar Republik Indonesia untuk India merangkap Bhutan, Ina Hagniningtyas Krisnamurthi membawa serta investor India berkunjung ke Nusantara. Kunjungan ini bertujuan menjajaki peluang investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) sekaligus mengamati proses pembangunan yang berlangsung di kawasan IKN, pada Jum’at (20/10/2023).

Para investor yang terlibat dalam kunjungan ini adalah perusahaan-perusahaan dengan aset besar dan memiliki reputasi Internasional. Perusahaan mereka bergerak bidang tertentu, mulai dari kesehatan, infrastruktur, pelabuhan dan sumber daya mineral seperti garam mineral untuk bahan baku kertas dan ubin. Para investor menunjukkan minat yang kuat untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan Nusantara.

Ina Krisnamurthi menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan mempercepat pembangunan IKN dengan memboyong investor potensial ke Nusantara dan memperkenalkan kepada Otorita IKN. 

“Saya dan Kedutaan Besar melakukan kurasi yang cukup ketat sebelum membawa para investor ini kesini. Karna kami tahu pasti dan paham kebutuhanya, (maka kami) memakai skala prioritas sehingga kita juga harus memilih yang cukup bonafide dan memiliki minat khusus. Terbukti hari ini mereka banyak sekali pertanyaan mengenai progres Nusantara,” ujarnya.

Indra Yuwana sebagai Direktur Investasi dan Kemudahan Berusaha Otorita IKN, menyambut baik kunjungan ini dan mengapresiasi upaya Duta Besar Indonesia untuk India dalam membawa investor India ke Nusantara, mereka tertarik untuk menjajaki investasi dengan kita dan kita juga berharap, banyak investor yang masuk ke IKN akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pembangunaan berkelanjutan dan proses perpindahan Ibu Kota.

“Mereka (para investor) merupakan top company yang sebagian dari mereka memiliki perusahan tetap di Indonesia dari berbagai sektor yang berfokus pada green energy dan solar panel,” ungkap Indra.

Siddarth sebagai Chief Financial Officer PT Adani Global, menyampaikan apresiasinya atas undangan yang diterima untuk berkunjung secara lansung ke Nusantara. Ia memuji konsep dan rencana detil IKN yang mencakup segala aspek dari green energy, teknologi, keamanan, gaya hidup, dan pendidikan. Siddarth menekankan bahwa semua itu diperlukan dalam pembangunan IKN, dan ia sangat senang berkontribusi pada visi IKN ini.

Dalam kunjungan ini, hadir para investor India, yakni Representative Apollo Hospital, Gaurav; President Director of GMR Indonesia, Satya; Chief Financial Officer PT Adani Global, Siddarth; Manager PT Adani Global, Ajith Rao; Director of PT Inti Bumi Sukses, Sanjay Lakhiani; dan Representative PT Rabani Corporindo, Matthew Dixon.

 

 

(Jumat, 20 Oktober 2023)

 

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

28 November 2023