Siapkan Peringatan HUT RI ke-79, Kemensetneg Tinjau Area KIPP IKN

NUSANTARA – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Pasukan Pengamanan Presiden, Garnisun Tetap I/Jakarta, dan Kodam VI/Mulawarman dampingi Kementerian Sekretariat Negara meninjau area Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN untuk persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 di IKN nanti, pada Kamis (18/1/2024).

Upacara akan berlangsung di lapangan Istana Kepresidenan yang berada persis di depan Istana Presiden serta berhadapan dengan sumbu kebangsaan serta pemandangan lanskap seluruh kota IKN.  

Peninjauan lapangan secara langsung ini dimaksudkan untuk melihat dimana saja tempat yang cocok untuk memosisikan sarana dan prasarana, presiden, pejabat, para peserta upacara, hingga pengamanan TNI dan Polri.

"Besok upacaranya disini, hari ini kita berada disini. Kurang lebih Agustus nanti akan seperti ini suasananya" ucap Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) saat memimpin peninjauan ini.

Tidak hanya lapangan Istana Kepresidenan, demi mendukung kelancaran upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 tahun ini, berbagai area IKN juga ditinjau. Istana Presiden, Memorial Park, dan Hunian Pekerja Konstruksi akan menjadi tempat pendukung akomodasi saat upacara berlangsung nanti.

Sekretaris Otorita IKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya menyatakan dukungannya untuk persiapan upacara HUT Kemerdekaan RI tahun ini , "Karena sebagian besar pegawai Otorita IKN telah pindah sebelum pelaksanaan 17 Agustus 2024. Kami sebagai penyelenggara Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara nantinya mendukung penuh kelancaran persiapan dan pelaksanaan upacara HUT RI tahun ini."

Turut hadir Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga; Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana, Rika Kiswardani; Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Rima Agristina; Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN, Silvia Halim; Tenaga Ahli Pimpinan Bidang Kerja Sama dan Ekonomi Kreatif Otorita IKN, Panji Himawan; Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan PUPR, Endra S. Atmawidjaja.

 

Dokumentasi Foto
Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara
 

19 Januari 2024