SDN 020 Sepaku Menjadi Pelopor Pembangunan Fasilitas Pendidikan yang Baik di Kawasan IKN

PENAJAM PASER UTARA – Upaya untuk meningkatkan pelayanan dasar bidang pendidikan oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), bukan hanya pada pembangunan infrastrukturnya saja, tetapi juga merubah model pembelajaran dengan cepat.

Di mana model pembelajaran sudah harus diubah dengan menjalankan program merdeka belajar, kurikulum merdeka yang berpihak kepada kebutuhan siswa, bukan sekedar mengejar kurikulum. Demikian dikatakan Otorita IKN melalui Deputi Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat (Sosbudpemas), Alimuddin melalui siaran persnya, Kamis (2/11/2023) pasca Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking revitalisasi pembangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 020 Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim). 

“Bukan saja pembangunan infrastruktur saja yang kita lakukan tapi juga pada model pembelajaran sudah harus diubah dengan cepat, dengan menjalankan program kurikulum merdeka belajar yang berpihak kepada kebutuhan siswa, bukan sekedar mengejar kurikulum semata,” ujar Deputi Sosbudpemas.   

Menurutnya, semua pihak yang berkepentingan harus menjadikan pembelajaran di sekolah dan di luar sekolah yang berpihak kepada kebutuhan siswa, dan dengan pembelajaran yang menyenangkan.

“Kita juga akan menciptakan pendidikan yang berbasis kepada kehidupan, bakat dan minat peserta didik yang harus dibina sejak usia dini, termasuk pembentukan karakter. Ini yang sangat penting,” sebutnya.

Ia menambahkan, anak-anak harus diberikan ruang untuk pengembangan bakat di luar sekolah, karena belajar itu bukan selalu di sekolah, dan belajar itu bukan selalu dengan mata pelajaran yang ada di kurikulum.

Selain itu, sambungnya, keterampilan anak itu tidak hanya dengan mata pelajaran, tetapi juga bidang seni budaya, olahraga bahkan bidang keagamaan. Ia mencontohkan saat ini sudah ada di Kabupaten PPU, pada SMP Negeri 21 yang memfasilitasi kebutuhan siswa dibidang olahraga dengan mendirikan Kelas Khusus Olahraga. 

Sementara itu, terkait SDN 020 Sepaku, yang baru dilakukan groundbreaking untuk revitalisasi pembangunan sekolah oleh Presiden Jokowi pada Rabu (01/11/2023) kemarin, bakal dijadikan rujukan bagi sekolah lain. 

“Terkait SDN 020 Sepaku, kita akan jadikan rujukan sekolah sekitarnya, apalagi telah didampingi oleh yayasan pendidikan Astra,” tuturnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi saat groundbreaking menyampaikan, pendidikan di kawasan pembangunan IKN merupakan salah satu yang menjadi prioritas, hal ini dibuktikan dengan dilakukannya revitalisasi SDN  020 yang berada di Kawasan IKN.

“Sebentar lagi SDN 020 akan direhabilitasi, dibangun fasilitas oleh yayasan pendidikan Astra, yang ditargetkan dalam waktu 10 bulan. Artinya saya nanti masih bisa kesini, kalau 10 bulan lebih saya sudah pensiun,“ ucap Presiden.

Tidak hanya itu, Ia juga mengapresiasi terkait revitalisasi SDN di Kawasan IKN yang akan dilaksanakan hingga beberapa bulan ke depan. Termasuk ada lima SD yang akan direvitalisasi. Dengan begitu, SD di sekitar IKN akan memiliki kualitas dan fasilitas yang baik.

“Saya senang ini akan memperbaiki kualitas, tidak hanya di SDN 020, tapi juga kita sedang memperbaiki atau merehabilitasi lima SD lain di sekitar IKN. Sehingga nanti anak-anak kita semuanya bisa memiliki kualitas pendidikan yang baik, dengan sarana dan prasarana dengan kualitas yang baik,” pungkasnya.

 

 

(Minggu, 5 November 2023)

 

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

29 November 2023