Sosialisasi Panduan Bangunan Cerdas

JAKARTA  Deputi Transformasi Hijau dan Digital mengadakan Sosialisasi Panduan Bangunan Cerdas Nusantara sesuai Surat Edaran Kepala Otorita Nomor 009/SE/Kepala-Otorita IKN/VIII/2023 di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa (5/9/2023). Acara ini dihadiri oleh 120 peserta dari berbagai kalangan, baik secara daring (online) maupun secara langsung (offline). Peserta yang hadir berasal dari institusi pemerintah, pemrakarsa, kontraktor, dan perusahaan swasta.

Panduan Bangunan Cerdas Nusantara adalah inisiatif yang bertujuan untuk mendorong penerapan bangunan cerdas yang berkontribusi pada pertumbuhan lingkungan binaan yang berkelanjutan dan cerdas. Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan panduan ini kepada para pemangku kepentingan dalam industri konstruksi, termasuk perusahaan konstruksi, arsitek, insinyur, dan pemilik bangunan di Nusantara.

Kegiatan dibuka dengan kata pengantar dari Prof. Mohammed Ali Berawi selaku Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara. Prof Ali menyampaikan latar belakang dan pentingnya penerapan bangunan cerdas di kota cerdas Nusantara, bagaimana bangunan cerdas mampu menjaga lingkungan sekaligus meningkatkan produktivitas penghuninya melalui sistem dan fitur cerdas yang terintegrasi.

Penjelasan mengenai Panduan Bangunan Cerdas Nusantara diberikan oleh Prof. Yandi Andri Yatmo dan Dr. Mustika Sari selaku tim ahli kedeputian Transformasi Hijau dan Digital. Selama kegiatan, peserta mendapatkan wawasan mendalam tentang bagaimana teknologi terkini dapat diterapkan dalam desain dan konstruksi bangunan untuk meningkatkan efisiensi energi, mengurangi dampak lingkungan, dan meningkatkan kenyamanan penghuninya. Para ahli juga menjelaskan apa saja sistem dan fitur yang perlu ada pada bangunan cerdas sesuai kelasnya serta persyaratan fungsional apa saja yang perlu dipenuhi.

Acara ini juga memungkinkan peserta untuk berinteraksi langsung dengan pembicara dan sesama peserta, baik secara langsung maupun melalui platform daring. Diskusi dan tanya jawab yang berlangsung selama sosialisasi memberikan wadah bagi pertukaran ide dan kolaborasi yang berpotensi untuk mendorong perkembangan positif dalam penerapan bangunan cerdas di Nusantara. 

Panduan Bangunan Cerdas Nusantara ini akan menjadi acuan penting bagi industri konstruksi di masa depan, yang akan memberikan manfaat jangka panjang dalam hal efisiensi, keberlanjutan, dan kualitas hidup. Deputi Transformasi Hijau dan Digital berencana untuk terus bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk mengimplementasikan panduan ini dalam praktik konstruksi di seluruh Indonesia.

 

(Selasa, 5 September 2023)

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

23 November 2023