Kepala Otorita IKN Ajak Wisudawan dan Wisudawati Berpartisipasi dalam Kemajuan Nusantara

JAKARTA Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Ir. Bambang Susantono, MCP., MSCE., Ph.D. mengajak para wisudawan yang hadir untuk bisa berpartisipasi mengambil bagian dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara. Hal ini disampaikan oleh Kepala Otorita IKN ketika mengisi orasi ilmiah berjudul “Membangun Nusantara, Kota Hutan yang Cerdas dan Berkelanjutan” dalam Wisuda ke-XIII Universitas Bakrie di Sasana Kriya, pada Kamis (23/11/2023).

Kepala Otorita IKN menekankan peran generasi muda, terlebih mereka yang akan masuk ke dunia profesional untuk turut mengembangkan kemajuan Indonesia terlebih dalam pembangunan Nusantara. 

“Saya mengundang adik-adik mahasiswa yang akan segera masuk ke dunia profesional sebentar lagi, dan juga seluruh hadirin sekalian, untuk terus mendukung dan mengambil peran dalam kesempatan langka dan bersejarah ini. Mari kita bekerja sama dalam menulis sejarah baru Indonesia dan menciptakan sebuah kota yang hijau, cerdas, inklusif, tangguh, dan berkelanjutan,” katanya.

Bambang juga menambahkan bahwa pembangunan Nusantara tidak hanya pembangunan secara fisik, melainkan juga membangun budaya kerja, belajar, dan hidup baru, serta cara pikir yang inovatif dan kreatif, agar bangsa ini dapat bertransformasi menuju “The New Indonesia” tersebut dapat menjadi modal bagi kita dalam menghadapi tantangan yang ada di masa depan.

Rektor Universitas Bakrie, Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN Eng., mengatakan bahwa peran Nusantara tidak hanya penting sebagai kota pembangunan yang hijau dan pintar, tetapi kota yang dekat dengan akademis

“Sebagai bagian dari dunia akademis dan pendidikan, sangat penting untuk mencatat inisiatif Otorita IKN dalam mengadakan kerja sama dengan berbagai institusi lokal, domestik, dan luar negeri, guna mematangkan dan menjalankan Nusantara sebagai kota cerdas serta kota hijau yang menjunjung prinsip-prinsip berkelanjutan,” ungkap Prof. Sofia.

Hingga saat ini, telah banyak pembangunan di bidang pendidikan yang dilakukan oleh Otorita IKN. Sebelumnya, telah dilaksanakan groundbreaking tahap dua, yang mana terdapat dua proyek di bidang pendidikan, yaitu pembangunan SDN 020 Sepaku dan Nusantara Intercultural School (NIS). Kerja sama terbaru adalah dengan Stanford Doerr School of Sustainability, Stanford University dari Amerika Serikat dalam bidang penelitian Nusantara sebagai living lab.

“Wisudawan dan wisudawati sekalian merupakan generasi muda yang tangguh dalam menghadapi kompleksitas pembangunan kedepannya. Saya mendukung penuh mereka yang nantinya akan berpartisipasi aktif dalam pembangunan Nusantara,” tutup Kepala Otorita IKN dalam orasi ilmiah yang disampaikan dihadapan wisudawan dan wisudawati Universitas Bakrie.

Universitas Bakrie adalah perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Bakrie (YPB). Sebelum bertransformasi menjadi Universitas Bakrie pada 2010, STIE Bakrie School of Management didirikan terlebih dahulu pada 2006.

 

 

(Kamis, 23 November 2023)

 

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

29 November 2023