Otorita IKN Gelar Diklat Pembinaan Mental Fisik dan Bela Negara untuk Para Pegawainya

Jakarta – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bekerja sama dengan Sekolah Calon Bintara Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) Jaya telah menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pembinaan Mental Fisik dan Bela Negara Otorita IKN Tahun 2023 bertempat di Rindam Jaya, Jakarta pada Minggu (8/10/2023).

Kegiatan dibagi menjadi dua gelombang; gelombang pertama telah dilaksanakan pada 28 September hingga 1 Oktober 2023 yang diikuti sebanyak 72 peserta, dan gelombang kedua diikuti oleh 58 peserta yang dilaksanakan pada 5-8 Oktober 2023. Program ini merupakan pembinaan dan latihan kepemimpinan bagi para pegawai di Otorita IKN yang diinisiasi oleh Biro Sumber Daya Manusia dan Hubungan Masyarakat (SDM dan Humas).

Diklat dibuka oleh Kepala Kantor Perwakilan Otorita IKN Balikpapan Mayjen TNI  Achmad Adipati Karnawidjaja. Dalam amanatnya, Ia memberikan pesan agar para peserta lebih semangat dalam mengikuti kegiatan tersebut agar ke depannya para peserta mampu mengembangkan diri dan mampu menjawab segala permasalahan yang akan dihadapi nantinya.

“Keikutsertaan kalian, jadikanlah suatu kehormatan dan kebanggaan, untuk itu laksanakan setiap kegiatan dengan penuh semangat, ikuti semua petunjuk dan arahan pelatih serta pembina sehingga kalian diharapkan dapat menyelesaikan latihan ini dengan baik,” ujar Adipati.

Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi serta inovasi setiap pegawai, agar nantinya saat ditugaskan di IKN dapat bekerja dengan baik dan penuh semangat. Adapun materi yang diajarkan pada peserta meliputi peraturan baris-berbaris (PBB), permainan outboundwawasan kebangsaan, pelatihan bertahan hidup (survival)menembak, dasar mountaineeringdan pelatihan kepemimpinan.

Di akhir sesi, Diklat ditutup oleh Sekretaris Otorita IKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya melalui tayangan video, Ia mengungkapkan “Tujuan Diklat ini, sesuai arahan dari Kepala Otorita IKN (Bambang Susantono) agar para Pegawai Otorita IKN mempunyai semangat dan pemahaman yang sama terhadap visi dan misi dari Otorita IKN dalam melaksanakan tugas pembangunan ibu kota.” 

“Hal ini penting, mengingat kita semua berasal dari berbagai latar belakang, pendidikaninstitusi tempat bekerja sebelumnya, serta perbedaan generasi dalam usia yang tentu akan membutuhkan suatu kesamaan di dalam metode bekerja, kesamaan dalam visi melaksanakan pekerjaan untuk mencapai tujuan,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro SDM dan Humas Firmananur juga mengungkapkan ”Apa yang sudah kita dapatkan dalam pelatihan dasar ini, itu merupakan bekal kepemimpinan dan etos kerja yang baik untuk para peserta yang nantinya akan mengabdikan diri kepada masyarakat di IKN.

”Kami sangat bangga mereka (Peserta Diklat) mau belajar disiplin, harapan ke depannya mereka dapat bertugas di divisi atau bagian masing-masing serta meningkatkan kinerjanya dengan pola hidup disiplin yang telah diterapkan di sini, sehingga tujuan dari IKN dapat terwujud,” pungkas Perwakilan dari Pelatih Sekolah Calon Bintara Rindam Jaya Letda Inf. Bendung Trisasongko.

 

 

(Senini, 9 Oktober 2023)

 

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

 

28 November 2023