Otorita IKN Jalin Kerja Sama dengan Bank Mandiri untuk Hadirkan Solusi Keuangan

JAKARTA Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) tandatangani nota kesepahaman layanan jasa perbankan dan perjanjian kerja sama penerbitan kartu kredit Pemerintah di Jakarta pada Rabu, 09 Agustus 2023.

Penandatanganan ini merupakan upaya untuk mempermudah transaksi keuangan, tidak hanya untuk masyarakat ritel namun untuk Lembaga. Nota kesepahaman yang ditanda tangani merupakan landasan awal untuk penyusunan perjanjian kerja sama lebih lanjut yang di   antaranya kerja sama Pembayaran Payroll , kerja sama Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah, dan kerja sama e-Money Co-branding sebagai ID Card Pegawai Otorita Ibu Kota Nusantara.

“Melalui sinergi ini, kami berharap menjadi awal untuk kolaborasi yang lebih baik dan menjadi komitmen Bank Mandiri untuk memberikan layanan yang terbaik dan prima dalam mendukung kebutuhan layanan perbankan, tidak hanya kepada OIKN sebagai Lembaga Negara tetapi juga kepada seluruh jajaran pegawai OIKN” ujar Rohan Hafas, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri.

Dalam kesempatan yang sama Bank Mandiri dan OIKN menandatangani Perjanjian  k erja   sama Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah yang merupakan mandat dari Peraturan Kementerian Keuangan Nomor 210/PMK.05/2022 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Achmad Jaka Santos selaku Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara mengatakan adanya Nota Kesepahaman ini dapat memayungi berbagai kepentingan di   kedua belah pihak. Bank Mandiri dapat bersinergi dengan OIKN dalam mewujudkan Ibu Kota Nusantara sebagai simbol identitas Bangsa, green economy  & energy, smart transportation,  dan tata Kelola Pemerintah yang efisien dan efektif sebagai transformasi besar Bangsa Indonesia.

“Kami berharap Bank Mandiri bisa menjadi Lembaga Pemerintah dengan model yang baru, berbeda dan bisa menjadi leading di sector instansi  Pemerintahan dari sisi pelayanan, kompetensi, maupun dari sisi performance  yang dihasilkan dalam mengelola sebuah Ibu Kota” ujar Achmad Jaka Santos di Jakarta.

Kerja sama Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah merupakan salah satu bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap Program Pemerintah menuju cashless society , di   mana penggunaan Uang Persediaan tidak lagi sepenuhnya menggunakan uang tunai. Selain itu, Ibu Kota Nusantara mem iliki potensi bisnis yang cukup luas sehingga terbuka peluang skema kerja   sama yang dapat dilakukan tidak hanya oleh Bank Mandiri, namun termasuk Perusahaan Anak Bank Mandiri dalam mendukung pengembangan Ibu Kota baru. 

21 Agustus 2023