Kepala Otorita IKN Ajak ASPI Ikut Berpartisipasi dalam Pembangunan IKN sebagai Kota Cerdas dan Berkelanjutan

BALIKPAPAN Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengajak Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI) untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara sebagai kota cerdas dan berkelanjutan yang ideal serta menjamin kesejahteraan dan keberlanjutan bumi dan umat manusia.

Hal tersebut disampaikan oleh Bambang dalam Seminar Nasional ASPI XII di Hotel Grand Senyiur Balikpapan pada Jumat (15/9/2023). Acara ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh ASPI sebagai forum ilmiah antar civitas akademika, ahli, dan praktisi di bidang perencanaan.

Dalam kesempatan ini, Kepala OIKN Bambang Susantono menyampaikan paparan terkait perencanaan dan progres pembangunan IKN. Ia menjelaskan bagaimana dalam perencanaan pembangunan kota banyak fasilitas diluar infrastruktur dasar yang tertinggal, seperti fasilitas kesehatan, pendidikan, dan perlindungan sosial.

“Maka dari itu, kami mencoba untuk membangun Nusantara sebagai ibu kota baru dengan mencantumkan dimensi-dimensi tersebut ke dalam perencanaan kota secara terintegrasi, holistik, dan komprehensif,” ujarnya.

Nusantara, lanjutnya, sebagai ibukota pertama di dunia yang dipindahkan ke pulau yang berbeda merupakan lokomotif baru bagi Indonesia untuk membuat pusat pertumbuhan baru yang diharapkan dapat menciptakan kesetaraan dalam kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, Bambang mengajak ASPI untuk ikut berpartisipasi dalam mendukung pembangunan IKN.

“Ini merupakan kesempatan untuk teman-teman dari ASPI untuk urun rembuk. Kami sangat membuka diri jika ada yang mau membuat studi, kajian, dan sebagainya dengan berbagai platform yang kami miliki,” ucapnya.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan bahwa sudah banyak pihak yang bekerja sama dengan OIKN di bidang pengetahuan, baik di bidang sains, kesenian, hingga teknologi. “Saya harap teman-teman dari ASPI sebagai planners tidak ketinggalan untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan IKN,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua ASPI Iwan Rudiarto menyampaikan rasa terima kasihnya. “Ini merupakan momen yang sudah kami nantikan karena kami berkesempatan untuk menyimak langsung paparan dari Kepala OIKN. Dan insya Allah besok kita diberikan tour khusus untuk melihat perkembangan pembangunan IKN secara langsung di lapangan,” pungkasnya.

Rangkaian agenda Seminar dan Kongres ASPI XII ini ditutup dengan kunjungan beberapa lokasi di Kawasan IKN untuk meninjau lebih jauh terkait perencanaan pembangunan IKN sebagai kota cerdas dan berkelanjutan pada Sabtu (16/9/2023). 

Dalam kunjungan yang dihadiri oleh para ahli dan praktisi di bidang perencanaan dari seluruh Indonesia ini, mereka secara lansung melihat perkembangan pembangunan sesuai dengan yang disampaikan oleh Kepala OIKN Bambang Susantono sebelumnya, serta menyaksikan berbagai prototype yang mendukung IKN sebagai kota cerdas masa depan di Techno House.

 

 

(Sabtu, 16 September 2023)

 

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

24 November 2023