Dukung Pengembangan Smart City Nusantara, Otorita Ibu Kota Nusantara Jalin Kerja Sama dengan LUG Light Factory

JAKARTA – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan perusahaan LUG Light Factory secara resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang kolaborasi kota cerdas Nusantara dalam acara Indonesia-Europe Business Forum 2023 yang diselenggarakan di Hotel Ritz-Carlton Jakarta pada Selasa (17/10/2023). 

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Sekretaris Otorita IKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya dan Ketua Dewan LUG Light Factory Ryszard Wtorkowski, dengan tujuan untuk memperkuat kerja sama dalam perencanaan dan pengimplementasian konsep smart city dan smart lighting di Nusantara. 

Kerja sama ini salah satunya untuk menyiapkan konsep pencahayaan termasuk teknologi pencahayaan pintar di Nusantara. Sekretaris Otorita IKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengatakan, LUG Light Factory memiliki berbagai teknologi pencahayaan cerdas yang bisa diterapkan di IKN.

“Antara lain menggunakan internet untuk mengontrol sistem pencahayaannya, di samping mereka juga ada semacam AI (artificial intelligence) yang bisa mendeteksi kalau cuaca berubah, mereka pencahayaannya menyesuaikan, jadi tidak perlu dikontrol manual,” ujar Jaka.  

Jaka menjelaskan, penandatanganan MoU ini merupakan kelanjutan dari letter of intent dan kunjungan Otorita IKN ke pabrik LUG Light Factory di Polandia beberapa waktu lalu (25/04/2023). 

“Kita sudah menjalin komunikasi lama dari mereka datang ke OIKN, lalu mereka mengundang kita untuk melihat pabrik mereka di Polandia bersamaan waktu kita ada pameran di Hannover Messe,” kata Jaka.

Lebih lanjut, perusahaan LUG Light Factory akan melakukan kunjungan ke IKN. Jaka berharap, LUG Light Factory juga dapat menunjukkan proof of concept yang dipasang di Rumah Tekno dan seluruh rest area di IKN.

Selain itu, Jaka berharap melalui kerja sama ini kedepannya LUG Light Factory dapat membuka pabriknya di Nusantara. “Insya Allah itu bisa berjalan sesuai dengan planning yang sudah didiskusikan bersama. Mereka sebetulnya punya potensi market yang besar,” ujarnya.

 

 

(Selasa, 17 Oktober 2023)

 

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

28 November 2023