Presiden Jokowi Luncurkan Nusantara Logistics Hub and Services

NUSANTARA – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui Bina Karya bersama PosIND siap melaksanakan peluncuran Nusantara Logistics Hub & Services di Kawasan Ibu Kota Nusantara pada Rabu (17/01/2023).

Peluncuran ini merupakan realisasi kerja sama yang telah dilakukan oleh Bina Karya dan PosIND yang meliputi kerja sama operasi (KSO) pelayanan kurir dan logistik di Nusantara.

Presiden RI Joko Widodo menyatakan dukungan dan harapannya terhadap peluncuran Nusantara Logistics Hub & Services ini. "Peluncuran ini akan mendukung keberadaan Nusantara sebagai super hub dan kehadiran perusahaan jasa logistik di Nusantara sangat dibutuhkan sejalan dengan semakin padatnya kegiatan yang ada di Nusantara," ujarnya.

Presiden juga berharap semoga PosIND mampu berkontribusi secara signifikan dan memicu penguatan rantai pasok domestik, tidak hanya di Nusantara tapi juga seluruh wilayah di Indonesia dengan menjadikan biaya logistik makin terjangkau serta mempercepat dan menefisienkan pergerakan logistik di seluruh kawasan Indonesia.

Direktur Utama PosIND Faizal Rochmad Djoemadi menyampaikan bahwa peluncuran ini merupakan salah satu bentuk dukungan atas pengembangan infrastruktur di Nusantara. “Kami ingin menjadi bagian penting dari proses pembangunan Nusantara dan penyediaan layanan kurir dan logistik bagi warga Nusantara,” jelas Faizal.

Faizal juga menyampaikan bahwa nilai investasi keseluruhan untuk kerja sama ini mencapai Rp 350 miliyar. Investasi tersebut akan difokuskan untuk membangun infrastruktur Green Logistics Hub yang didukung oleh teknologi terbaru, antara lain delivery robot & drone, advance robotic sorting machine, dan utilisasi operasional logistik menggunakan electric vehicle (EV).

Sementara itu, Direktur Utama Bina Karya Boyke P. Soebroto mengatakan, kerja sama yang dijalin dengan PosIND diharapkan mampu mampu mengkoordinir aktivitas marketing dan sales untuk seluruh target pasar secara intensif dan berdedikasi.

Sebagai informasi, sebelumnya PosIND dan Bina Karya telah menandatangani Kesepakatan Kerja Sama pada 20 Juli 2023 dan intens melaksanakan kegiatan workshop dan focus group discussion guna mematangkan pembangunan logistics hub berkonsep green logistics.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kegiatan tersebut yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Hadir juga Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun, Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil, Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, dan Direktur Utama PT Bina Karya Boyke.

 

Dokumentasi Foto
Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

 

19 Januari 2024