Otorita IKN Meluncurkan Buku Panduan Bangunan Cerdas

JAKARTA – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) terus mengukuhkan posisinya sebagai pusat inovasi dengan mengambil langkah signifikan dalam transformasi menuju kota cerdas. Salah satu tonggak penting dari perjalanan ini dengan diluncurkan "Buku Panduan Bangunan Cerdas" melalui Surat Edaran Kepala OIKN Nomor: 009/SE/Kepala-Otorita-IKN/VIII/2023 yang menjadi pedoman dalam pembangunan bangunan cerdas di Ibu Kota Nusantara.

Di era yang terus berkembang dengan cepat, konsep kota cerdas telah menjadi landasan penting bagi perkembangan perkotaan yang berkelanjutan. Dalam pembangunan kota cerdas, pemanfaatan teknologi dan inovasi untuk merancang dan membangun bangunan cerdas memiliki manfaat yang luas. Bangunan cerdas memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya, mengoptimalkan kenyamanan penghuni, dan mengurangi emisi karbon sebagai dampak negatif terhadap lingkungan. Oleh karena itu, kehadiran bangunan cerdas di kawasan IKN akan menjadi tonggak penting dalam menggalang masa depan yang berkelanjutan.

Dalam rangka mewujudkan visi ini, Otorita IKN telah merilis "Buku Panduan Bangunan Cerdas". Buku panduan ini memiliki tujuan utama untuk memberikan panduan praktis kepada para profesional industri, pengambil kebijakan, serta pemangku kepentingan terkait dalam menghadapi kompleksitas dan tantangan pembangunan bangunan cerdas. Buku panduan ini merupakan hasil dari kajian mendalam yang dilakukan oleh Kedeputian Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN. Kajian ini melibatkan berbagai ahli dan pakar yang memiliki wawasan mendalam mengenai teknologi, inovasi, dan pembangunan berkelanjutan.

Menurut Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, "Kemajuan teknologi dalam memanfaatkan sumber daya energi terbarukan, membangun sistem air perkotaan dan infrastruktur publik yang berkelanjutan, dan memproduksi bahan dan produk ramah lingkungan adalah salah satu jalur di mana teknologi akan secara signifikan berkontribusi pada pengembangan kota cerdas baru yang berkelanjutan."

Prof. Mohammed Ali Berawi, Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, menyatakan, "Buku ini dihasilkan dari penelitian ekstensif, wawasan ahli, dan rekomendasi praktis untuk memandu pakar industri, pembuat kebijakan, dan pemangku kepentingan dalam menavigasi dunia bangunan cerdas yang menarik. Ini adalah sumber daya komprehensif yang dapat membantu arsitek, insinyur, manajer fasilitas, dan perencana kota memahami, mengembangkan, dan melaksanakan solusi bangunan cerdas yang berpusat pada pengguna, efisien, dan berkelanjutan."

Peluncuran "Buku Panduan Bangunan Cerdas" ini menjadi langkah penting dalam menjembatani kesenjangan antara visi pembangunan kota cerdas dan implementasi nyata. Dengan panduan ini, Otorita IKN berkomitmen untuk memimpin transformasi masa depan yang lebih cerdas dan berkelanjutan.

 

(Kamis, 10 Agustus 2023)

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

22 November 2023