Otorita IKN Jalin Kerjasama dengan Alfamart untuk Sediakan Kebutuhan Pokok Masyarakat di IKN

JAKARTA Alfamart menyatakan konfirmasi kesanggupan untuk investasi dan kemitraan usaha ritel di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada sektor komersial niaga. Hal ini tertuang dalam penandatanganan kesepakatan kerja sama antara PT Sumber Alfaria Trijaya tbk, pengelola jaringan ritel modern Alfamart dengan PT Bina Karya (Persero) sebagai Badan Usaha Otorita IKN, di Jakarta, Selasa (05/09/2023).

Alfamart diwakili oleh Property & Development Director Hans Harischandra dan PT Bina Karya (Persero) diwakili oleh Direktur Utama Boyke P. Soebroto, secara bersama-sama menandatangani Kesepakatan Kerja Sama.  Di dalam Kesepakatan Kerja Sama itu tertuang setidaknya tiga bentuk investasi dan kemitraan usaha ritel di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang Alfamart lakukan.

Pertama, yakni pembangunan, pengoperasian dan komersialisasi gudang pusat distribusi barang ke gerai-gerai. Kedua, yaitu kemitraan usaha ritel dengan prinsip keterlibatan dengan masyarakat sekitar IKN dengan menggunakan brand lokal yang disebut Kerjasama Operasi Ekonomi Berbagi (KASOEBI). Ketiga, pemberdayaan UMKM lokal melalui penyediaan produk-produk di gerai dan kesempatan usaha mandiri melalui program tenant.

Pada kesempatan yang sama, Solihin, Corporate Affairs Director Alfamart mengatakan sebagai perusahaan ritel modern terkemuka di Indonesia, Alfamart merasa bangga bisa ikut membangun ekosistem sosial di IKN.

“Kami bangga bisa berkontribusi di IKN. Ritel adalah salah satu sektor penting, karena bertugas sebagai tempat pemenuhan kebutuhan pokok atau sehari-hari untuk masyarakat. Sehingga kehadiran ritel tentu menjadi pondasi dasar untuk kehidupan sosial di sana,” ujar Solihin.

Ia menambahkan bahwa investasi yang Alfamart lakukan di IKN bukan soal bisnis semata, melainkan juga berorientasi kepada pemberdayaan potensi usaha kecil dan sumber daya manusia lokal.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bina Karya (Persero) Boyke P. Soebroto menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan Alfamart turut membantu dalam membangun ekosistem sosial di IKN.

“Kami bisa melihat lokasi-lokasi karena PT Bina Karya (Persero) mempunyai segala data mengenai lahan-lahan mana yang bisa kita manfaatkan sebagai distribution center, toko minimart dan seterusnya,” ujar Boyke.

“Setelah penandatanganan ini kami mengharapkan ada tim kecil yang membicarakan secara konkrit apa yang harus kita mulai, sehingga nanti apakah minggu depan, bulan depan, atau pada saatnya itu sudah established,” ungkapnya.

“Kami juga terbuka dalam bentuk kerja sama apapun dan UMKM menjadi salah satu target kami untuk mendevelop menjadi salah satu partner bisnis kami,” ujar Boyke.

Turut hadir dalam kegiatan ini mendampingi Direktur Utama PT Bina Karya (Persero) Boyke P. Soebroto adalah Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi Bondan Pristiwandana; Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Trisnadi Yulrisman; Direktur Perencanaan Strategis dan Sumber Daya Manusia (SDM) Irfan A Tachrir; Direktur Operasi dan Pemasaran Selly Indrawati; dan Direktur Investasi dan Pendanaan IKN Indra Yuwana.

Mewakili Alfamart, hadir dalam acara ini Property & Development Director Hans Harischandra; Corporate Affairs Director Solihin; dan jajaran tim PT Sumber Alfaria Trijaya tbk.

 

(Minggu, 3 September 2023)

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

23 November 2023