Sinergi Otorita IKN bersama Pemkab PPU, KPU PPU, dan Bawaslu PPU untuk Menyukseskan Pemilu 2024 di Nusantara

PENAJAM PASER UTARA– Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Achmad Jaka Santos Adiwidjaya menghadiri undangan rapat koordinasi mengenai rencana penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 IKN di Kantor Bupati Penajam Paser Utara (PPU), pada Rabu (10/01/2024). 

Persiapan penyelenggaraan Pemilu di IKN menjadi salah fokus Otorita IKN pada Tahun 2024. Persiapan tersebut dilakukan bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU, Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) PPU mengingat pemilu akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. 

“Melihat pola mobilitas pekerja IKN yang sangat tinggi sehingga diperlukan data pekerja muktahir menjelang pemilu. Data pekerja tersebut diperlukan sehingga KPU dapat menyiapkan surat suara dan tempat pemungutan suara sesuai jumlah pekerja sebagai daftar pemilih tambahan di wilayah Nusantara. Untuk itu harus ada kerja sama yang intens antara semua pihak,” ungkap Sekretaris Jaka. 

Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun menambahkan perlu adanya pendataan para pekerja yang keluar masuk Nusantara. Hal ini harus segera ditindaklanjuti dan pemerintah siap memfasilitasi semua kebutuhan terkait sarana dan prasarana yang dibutuhkan. 

Otorita IKN siap untuk terus berkoordinasi dengan Pemda PPU, KPU PPU dan Bawaslu PPU untuk menyelenggarakan pemilu demi terpenuhinya hak suara para pekerja IKN meskipun secara Undang Undang penyelenggaraan pemilu masih menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.  

Dalam rapat tersebut juga disepakati untuk membentuk tim terpadu untuk mendata jumlah pekerja dan pekerja mana saja yang akan menyuarakan haknya di TPS yang ada di IKN. Para pekerja tersebut nantinya akan langsung didaftarkan ke KPU Provinsi Kalimantan Timur. 

 

(Jumat ,12 Januari 2024)

 

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

13 Januari 2024