Proyek Pakuwon Nusantara Jadi Salah Satu Bukti Kepercayaan Pasar Atas Pembangunan IKN

NUSANTARA – Presiden Joko Widodo pimpin peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek superblok bernama ‘Pakuwon Nusantara’ di lahan campuran (mixed use land) Ibu Kota Nusantara (IKN), bersama Otorita IKN dan PT Pakuwon Jati Tbk, melalui entitas anaknya, PT Pakuwon Nusantara Abadi (PNA), pada Rabu (1/11/2023). Area ini berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dengan nilai investasi sebesar Rp5 triliun.

Pakuwon Nusantara merupakan salah satu investor dari rangkaian groundbreaking yang dilaksanakan pada 1-2 November 2023, dengan total investasi kali ini sebesar Rp12 triliun.

Hal ini mendapat apresiasi dari Presiden secara langsung terkait keikutsertaan Pakuwon dalam berinvestasi di IKN. “Saya senang ini PT Pakuwon sudah mendahului membangun dan saya sangat menghargai, mengapresiasi, dan kita harapkan ini akan memberikan gelombang yang lain yang tadi juga," ujar Presiden dalam sambutannya.

Menurutnya, pemerintah selalu memprioritaskan investor nasional dalam berinvestasi di IKN. Presiden memerinci, sedikitnya 130 investor dari Singapura telah datang melihat langsung IKN beberapa bulan lalu. Selain itu ada juga investor dari Korea Selatan, Jepang, Malaysia, hingga Persatuan Emirat Arab.

“Tapi kami memang rem duu. Saya sampaikan kepada Kepala Otorita, rem untuk yang dari luar, berikan kesempatan, kalau bisa juga di-join-kan dengan yang dari dalam sehingga zona-zona yang sudah kita rencanakan nanti semuanya akan terisi,” tambahnya.

Kepala Otorita IKN juga menekankan bahwa dengan adanya groundbreaking ini, adalah bukti dari atensi investasi yang besar dari pembangunan IKN. 

“Apa yang kita saksikan pada hari ini adalah sebuah bukti bahwa dua mesin dari pembangunan IKN yang utama yaitu mesin dari APBN, Pak Basuki dengan Kementerian PUPR, membangun infrastruktur dan fasilitas yang sudah luar biasa menimbulkan kepercayaan pasar,” ungkap Kepala Otorita IKN. 

Menurutnya, hingga saat ini terdapat lebih dari 300 Letter of Intent (LoI) yang menyatakan minatnya untuk turut membangun IKN. “Seperti yang menjadi arahan Bapak Presiden, swasta akan mengikuti, dan kita lihat hasilnya sekarang, swasta sudah mulai masuk,” imbuhnya. 

Di kesempatan yang sama, A. Stefanus Ridwan Suhendra, Direktur Utama PT PNA, mengatakan pihaknya optimis, bahwa pembangunan superblok di IKN yang direncanakan terdiri dari sebuah pusat perbelanjaan, kondominium, dan 3 (tiga) hotel yang akan sangat menguntungkan dalam jangka pendek maupun panjang.

“Kami percaya koordinasi yang baik akan membuat Pakuwon Nusantara dapat menjalankan proyek ini dengan sangat baik, kami berharap pula kehadiran Pakuwon Nusantara dapat memberikan dampak ekonomi positif dengan terbukanya kesempatan kerja dalam jangka pendek hingga jangka panjang,” jelas Direktur Utama PT PNA itu.

Proyek pembangunan superblok Pakuwon Nusantara memiliki lahan seluas 7,2 hektare berlokasi strategis di Kawasan Sumbu Kebangsaan dan tepat di depan tugu ‘Titik Nol’, atau di lahan campuran. Dengan menggandeng grup Marriott, proyek Pakuwon Nusantara akan membangun Hotel Four Points by Sheraton. Disusul dengan pembangunan pusat perbelanjaan, hotel Tribute Portfolio by Marriott, lalu hotel Westin dan ballroom.

Konsep pembangunan pusat perbelanjaan Pakuwon Nusantara ini akan mengusung desain yang menyatu dengan konsep teras langit dari alam terbuka yang hijau dengan pemandangan langsung ke lembah dan sungai yang berada tepat di samping gedung pusat perbelanjaan, sehingga sangat mendukung suasana hang-out, sejuk, modern dengan alam yang asri.

 

 

(Kamis, 3 November 2023)

 

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

29 November 2023