Otorita IKN Dukung Kualitas Hidup yang Baik untuk Wujudkan Kota Cerdas Berkelanjutan di IKN

JAKARTA – Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono, bersama Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, sepakat untuk wujudkan kota cerdas yang berkelanjutan (sustainablesmart city) pertama di Indonesia. Langkah ini diterapkan melalui percepatan digitalisasi di berbagai aspek, seperti pendidikan, transportasi, telemedisin, dan lainnya, untuk mencapai target net zero emission di tahun 2045 mendatang.

Seperti yang disampaikan Kepala Otorita IKN pada Kamis (9/11/2023), dalam acara CNN Digital Creative Leadership 2023, di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, perihal percepatan digitalisasi. “Kami telah memulai dengan pembangunan prototype kota pintar di Rumah Tekno dan juga SDN 020 Sepaku, yang telah disiapkan oleh Bapak Presiden, menjadi sekolah percontohan pertama di IKN, yang diharapkan telah terdigitalisasi baik secara infrastruktur maupun digital literasi yang dimiliki para warga sekolah,” ucap Kepala Otorita IKN.

Ia juga menambahkan, bahwa tidak hanya percepatan pada pembangunan fisik dan digital, tetapi menurutnya, kelestarian lingkungan juga menjadi tujuan utama dalam pembangunan IKN. 

“Komitmen kami juga semakin kuat dengan dukungan 13 lembaga PBB pada waktu lalu akan proyek IKN. Kami akan menciptakan kota berkonsep work, living, and learning yang mana untuk mendukung hal tersebut perlu kondisi kualitas hidup yang baik,” jelasnya. 

Senada dengan hal itu, Menkominfo menyebut digitalisasi di IKN akan dikembangkan secara paralel, seiring dengan pembangunan infrastruktur fisik yang sedang dimulai.

Di satu sisi, sarana digital juga akan dibangun bertahap, mulai dari pembangunan kabel fiber optik (terhubung melalui jalur multi utility tunnel) hingga nantinya dapat mengintegrasikan konektivitas data jaringan secara cepat di IKN.

“Tentu nanti bersama Kepala Otorita IKN kita akan merapatkan desain rancangan digital di IKN. Yang pasti, di IKN nanti sudah tercover oleh jaringan 5G seluruhnya”, ungkap Menkominfo.

CNN Digital Creative Leadership 2023 merupakan diskusi yang mengumpulkan para pemimpin kunci dalam perkembangan dan pertumbuhan industri kreativitas digital, baik di tingkat global maupun di Indonesia. 

Dalam acara tersebut Kepala Otorita IKN memberi pidato pembukaan yang membahas garis besar dan progres IKN terkini. Ia menekankan peran IKN sebagai kota yang sejalan dengan konsep kota modern yang berkelanjutan, hijau, dan memperhatikan perubahan iklim.

 

 

(Kamis, 9 November 2023)

 

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

29 November 2023