Otorita Ibu Kota Nusantara Mendukung Penuh Peluncuran Gerakan Sabuk Hijau Nusantara

JAKARTA – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama dengan Katadata resmi meluncurkan kolaborasi ”Green Movement: Sabuk Hijau Nusantara” di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta pada Selasa (26/9/2023). Sabuk Hijau Nusantara adalah sebuah aksi bersama berupa penanaman dan perawatan pohon serta pemberdayaan masyarakat sekitar. aksi ini di inisiasi oleh Katadata Green sebuah unit didalam Katadata yang fokus pada isu-isu lingkungan dan isu-isu hijau.

Peluncuran Kolaborasi Sabuk Hijau Nusantara ini akan berlokasi diatas lahan seluas 256 ribu hektar di Ibu Kota Nusantara (IKN) dirancang menjadi kota cerdas modern yang mengusung konsep keberlanjutan.

Untuk tahap pertama aksi ini akan dilakukan di Ibu Kota Nusantara tepatnya Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. ditargetkan akan ada 10 ribu pohon yang akan ditanam di area tersebut.

Prosesi peluncuran kolaborasi Sabuk Hijau Nusantara ini diberikan secara simbolisasi yaitu penyerahan pohon dari Co Founder & Chief Executive Officer Katadata Indonesia Metta Dharmasaputra kepada Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

“Mudah mudahan ini menjadi inisiatif yang baik, mungkin bulan November akhir atau Desember akan ke IKN untuk kick off penanaman pohon disana. Kami harapkan ini terus berkembang tidak hanya di IKN, tetapi juga wilayah lain," ujar Metta.

Dalam kesempatan yang sama, Founder Benih Baik Andi F. Noya menyampaikan rasa terima kasihnya karena dapat terlibat dalam kolaborasi ini. 

”Saya merasa terhormat bisa berkolaborasi untuk kebaikan anak cucu kita kelak, ini tanggung jawab kita bersama dengan kolaborasi ini mudah-mudahan menjadi momentum yang penting bagi kita mengurangi dampak negatif dan melihat sisi positif, sehingga suatu hari kelak anak cucu kita akan mendapat manfaat dari apa yang kita lakukan hari ini,” ujar Andi.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyambut baik inisiatif ini. Ia berharap kolaborasi ini dapat memantik berbagai kolaborasi baik lainnya.”Gerakan ini saya harapkan seperti bola salju yaitu semakin lama semakin membesar, dan ini untuk kebaikan kita semua,” ujarnya.

”Sabuk Hijau Nusantara saya harapkan akan menjadi penyatu buat kita semua, untuk bersama sama membangun Ibu Kota Nusantara,” ucap Bambang.

Dalam agenda ini Kepala Otorita IKN Bambang Susantono juga menyampaikan tentang perkembangan progres pembangunan IKN ”Istana Presiden berjalan on the track, kemarin pada waktu presiden datang beliau melihat langsung lokasi istana presiden dan kantor presiden yang insyallah akan menjadi tempat seremoni upacara 17 agustus 2024,” ucap Bambang.

Kemudian beliau menambahkan ”Semua utilitas akan masuk kebawah jadi tidak ada lagi orang kecelakaan karena kabel diatas semua kabel listrik, kabel fiber optic akan kita tanam didalam tanah,” ucap Bambang.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Co Founder & Chief Executive Officer Katadata Indonesia Metta Dharmasaputra, Founder Benih Baik Andi F. Noya, Ceo Jejakin Arfan Arlanda beserta staff dan jajaran.

 

 

(Selasa, 26 September 2023)

 

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

27 November 2023