Temui Delegasi Yunani, Otorita IKN Kenalkan Nusantara serta Potensi Investasinya

JAKARTA – Otorita Ibu Kota Nusanatara (IKN) temui delegasi Yunani, di Kantor Otorita IKN Jakarta, untuk kenalkan visi pembangunan berkelanjutan serta potensi investasi di IKN, pada Kamis (19/10/2023), dalam hal ini delegasi Yunani tidak hanya dari pihak Kedutaan namun juga pelaku usaha.

Pertemuan ini, Otorita IKN diwakilkan oleh Achmad Jaka Santos Adiwijaya selaku Sekretaris dan Achmad Adipati Karnawidjaja selaku Kepala Kantor Perwakilan di Balikpapan. Dari pihak Yunani terdapat beberapa perwakilan di antaranya, Duta Besar (Dubes) Yunani di Jakarta, H.E. Stella Bezirtzoglou; Owner of Law Offices of Basil T. Patkos Shipping Lawyer, Vasileios Patkos; Owner of Le Convivial Spa Business, Paraskevi Kechri, serta dari Dubes Republik Indonesia (RI) di Athena, H.E. Bebeb A.K. Nugraha Djundjunan.

Melalui sambutannya, Dubes RI di Athena, H.E. Bebeb A.K. Nugraha Djundjunan, mengajak para pelaku usaha dari Yunani untuk berinvestasi di IKN. Ia juga menyampaikan urgensi perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara.

“Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara merupakan mimpi besar Bangsa Indonesia mulai dari Presiden Soekarno, dan akhirnya diwujudkan oleh Presiden Joko Widodo. Kepindahan itu dilaksanakan karena arah pembangunan saat ini adalah Indonesia-sentris, yakni pembangunan dan kesejahteraan yang merata,” jelasnya.

Di lain sisi Dubes Yunani di Jakarta, H.E. Stella Bezirtzoglou bertanya terkait hutan di Kalimantan dan kepastian keberlanjutan pembangunan IKN setelah tahun politik 2024. Hal ini dijelaskan oleh Sekretaris Otorita IKN, Achmad Jaka Santos Adiwijaya. 

Dirinya menyampaikan, fokus pembangunan IKN akan mengacu pada misi reforestasi, karena secara riil kawasan yang saat ini di bangun merupakan lahan industri yang nantinya akan dihijaukan melalui bibit tanaman salah satunya dari Persemaian Mentawir. 

Tak lupa, Ia menekankan bahwa pembangunan IKN sudah berdasarkan hukum yang mengikat sesuai dengan Undang-Undang 3/2022 tentang Ibu Kota Negara, artinya, suksesi kepemimpinan tidak dapat menghentikan laju pembangunan IKN, seperti yang dikhawatirkan Dubes Yunani Stella.

Untuk menunjang hal itu, telah dibentuk Komite ESG (Environmental, Social, and Governance) yang bertugas membantu Otorita IKN di bidang lingkungan, sosial, dan tata laksana pemerintahan.

“Pembangunan IKN tentunya mengedepankan konsep hijau, cerdas, dan berwawasan global dengan potensi investasi yang benefit,” imbuh Sekretaris Jaka.

Ia juga menyinggung terkait keuntungan berinvestasi melalui Peraturan Pemerintah 12/2023 mengenai kemudahan berinvestasi di IKN, peraturan ini mengelaborasi berbagai insentif yang ada.

Hingga akhir sesi diskusi, Sekretaris Jaka menyampaikan detail melalui paparannya, yakni terkait latar belakang kepindahan ibu kota Indonesia, dasar hukum, key performance indikator (KPI) pembangunan IKN, fase pembangunan, pemberdayaan masyarakat, kepastian hukum dan politik, hingga peluang investasi di IKN. Hal ini yang menjadi pembahasan menarik dengan para pelaku usaha dari Yunani.

 

 

(Jumat, 20 Oktober 2023)

 

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

28 November 2023