Memorial Park, Monumen Perjuangan Pahlawan Bangsa Mulai Dibangun di IKN

NUSANTARA - Kepala Otorita IKN dampingi Presiden Joko Widodo resmikan pembangunan Memorial Park sebagai monumen penghormatan kepada kedua Proklamator Indonesia pada Rabu (17/01/2024).

Monumen ini berbentuk cangkang telur yang memiliki ukiran burung garuda serta terdapat patung kedua Proklamator Indonesia, yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta. Kedua patung ini akan mengapit api abadi ditengahnya. Memorial Park sendiri akan terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara.

Memorial Park merupakan bagian dari sumbu kebangsaan dengan luasan 2,034 meter persegi dengan pelataran yang dapat mencakup seribu orang. Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti menambahkan, "Targetnya nanti pada saat Upacara 17 Agustus 2024 kami sudah bisa gunakan Memorial Park ini. Untuk anggarannya, 361 miliar dari APBN."

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyatakan "Memorial Park akan menjadi simbol sakralnya Upacara Kemerdekaan RI. Menjadi tempat yang mengingatkan kita semua akan perjuangan para pahlawan dan bara api perjuangan rakyat Indonesia yang tak pernah padam."

Senada dengan Bambang, Presiden Joko Widodo menambahkan "Tempat ini akan selalu mengingatkan rakyat Indonesia, yaitu kita semua pada jasa para pahlawan bangsa yang telah berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia."


Dokumentasi Foto
Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara
 

22 Januari 2024