Otorita IKN dan Pertamina Jalin Kerja Sama untuk Membangun Pusat Energi Berkelanjutan di IKN

PENAJAM PASER UTARA Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Pertamina tandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk pembangunan Pertamina Sustainable Energy Center (Pusat Energi Berkelanjutan) di IKN. Kerja Sama ini merupakan salah satu bentuk dukungan Pertamina untuk mewujudkan target Net Zero Emission pada tahun 2045.

Penandatangan ini dilakukan oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati di Sumbu Kebangsaan Barat IKN pada Jumat (22/09/2023). Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia di sela kunjungannya ke IKN turut menyaksikan proses penandatanganan tersebut. 

"Peran Pertamina di kawasan riset & inovasi ini diharapkan berkontribusi dalam membangun masa depan Ibu Kota Nusantara sebagai smart sustainable forest city. Sebagai BUMN pertama yang menandatangani MOU dengan OIKN, Pertamina diharapkan turut menjadi penggerak investasi di Ibu Kota Nusantara," ucap Kepala OIKN Bambang Susantono.

Menurut Nicke, IKN memiliki potensi untuk tidak hanya mencapai Net Zero Emission tetapi hingga menjadi negative emission. "Di IKN ini punya kawasan hutan yang cukup luas. Ini bisa menjadi natural based solutions semacam carbon sink yang bisa menyerap atau menyimpan secara alami emisi itu sendiri," tuturnya.

Rencananya Pusat Energi Berkelanjutan akan dibangun di Wilayah Perencanaan 5 IKN, dengan luas sekitar 3.720 hektare. Proses pembangunan akan dilakukan secara bertahap.

Lebih lanjut Pertamina akan membangun sejumlah fasilitas antara lain Pertamina Sustainability Academy, Pertamina Training Insititute, Pertamina Research and Innovation Center for Sustainable and Low Carbon Technologies. Selain itu, Pertamina Vocational Education Center, Shared Green Infrastructure, Laboratorium, dan Sustainability Start-up Hub.

"(Di) IKN akan dikembangkan dengan konsep zero emission (untuk) semua energi yang digunakannya dan untuk itu tentu kita juga perlu mempersiapkan semua ekosistemnya," terang Nicke. 

Sebagai tahap awal Pertamina akan mulai dengan membangun Pusat Energi Berkelanjutan. Selain itu, Pertamina juga akan mempersiapkan sumber daya manusianya melalui program vokasi. 

"Ini nanti akan kami detailkan bersama-sama pemerintah dan IKN, karena berkaitan dengan penyiapan lahan, penyiapan infrastruktur, namun kami pastikan ini akan segera kami jalankan," pungkas Nicke

Turut mendampingi Kepala Otorita IKN, Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

 

 

(Jumat, 22 September 2023)

 

Dokumentasi Foto

Sumber: Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

24 November 2023