[Surat Edaran] Cetak Biru Kota Cerdas Nusantara

Pembangunan Ibu Kota Nusantara merupakan agenda besar yang mengedepankan pendekatan inovatif. Konsep kota cerdas memiliki peranan penting dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara, tidak hanya menciptakan lingkungan yang efisien, tetapi juga mendukung keberlanjutan dan kualitas hidup. Kota cerdas mengintegrasikan teknologi informasi untuk mengelola sumber daya secara optimal, meningkatkan potensi lingkungan hijau, mendukung pertumbuhan bisnis, dan menciptakan lapangan kerja. Dalam konteks ibu kota baru, menerapkan konsep kota cerdas tidak hanya meningkatkan kualitas infrastruktur, tetapi juga menciptakan ekosistem yang memadukan teknologi untuk mencapai pembangunan yang holistik dan inklusif yang menjadi esensial dalam merancang ibu kota yang modern dan berkelanjutan.

Dokumen cetak biru kota cerdas untuk Ibu Kota Nusantara memiliki tujuan yang merangkul semua pemangku kepentingan dalam proses pembangunan dan pengembangan kota yakni untuk mencapai keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat. Cetak biru kota cerdas memberikan panduan strategis yang jelas kepada pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dalam merancang, mengimplementasikan, dan memelihara infrastruktur kota cerdas demi terciptanya lingkungan yang inklusif dan partisipatif. Dari sisi infrastruktur teknologi, cetak biru ini juga bertujuan sebagai pedoman dalam rancangan pemanfaatan dan pengembangan teknologi kota cerdas untuk mengoptimasi penyediaan layanan publik, serta memperkuat keamanan siber, melindungi data dan sistem kota cerdas dari potensi ancaman.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, menyatakan “Ibu Kota Nusantara merupakan Ibu Kota dengan prinsip kota layak huni yang menyediakan berbagai komponen perkotaan yang menjamin kualitas hidup yang baik, seperti air dan udara yang sehat, tata kota yang teratur, aksesibilitas yang baik, serta kondisi perkotaan yang aman dan nyaman. Selain itu, IKN juga dibangun agar memiliki identitas budaya yang kuat, alam yang asri, dan ruang publik terbuka bagi kegiatan ekspresi warganya, sehingga diharapkan menjadikan kota ini dicintai warganya. Oleh karena itu, landasan kota cerdas memiliki peran esensial. Sistem informasi berbasis teknologi menjadi alat utama untuk mendorong efisiensi layanan kota, pengelolaan sumber daya, dan keamanan warga. Penerapan inovasi teknologi juga turut memastikan terciptanya inklusi digital dan keterlibatan warga. Dengan mengintegrasikan teknologi dalam setiap aspek perkotaan, kehidupan warga IKN akan menjadi lebih mudah, aman, tangguh, dan berkelanjutan, yang akhirnya bermuara pada warga yang bahagia.”

Menurut Prof. Mohammed Ali Berawi, Deputi Transformasi Hijau dan Digital, “Pembangunan Kota Cerdas Nusantara melingkupi berbagai aspek perkotaan yang di dalam buku cetak biru terbagi ke dalam enam domain utama yang akan menjadi landasan strategis bagi pembangunan Ibu Kota Nusantara. Domain-domain tersebut meliputi Smart Governance, Smart Living, Smart Industry and Human Resources, Smart Built Environment and Infrastructure, Smart Natural Resources and Energy, serta Smart Transportation and Mobility. Setiap domain memiliki tujuan spesifik yang bertujuan untuk mencapai sebuah Ibu Kota Nusantara yang berkelanjutan, berdaya saing, dan berkualitas tinggi.”

Cetak biru ini menggambarkan langkah maju untuk Indonesia dan juga menjadi model bagi pembangunan kota cerdas secara global. Cetak biru ini tidak hanya merupakan rencana bagi pembangunan sebuah kota, tetapi juga sebuah visi untuk masa depan yang lebih maju, di mana teknologi, manusia, dan lingkungan hidup berdampingan dalam menciptakan Ibu Kota Nusantara menjadi kota modern yang layak huni dan dicintai. 

Surat Edaran Nomor: 014/SE/Kepala-Otorita IKN/XII/2023 tentang Cetak Biru Kota Cerdas Nusantara

Akses Berkas : Surat Edaran Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Nomor 014_SE_Kepala-Otorita IKN_XII_2023 tentang Cetak Biru Kota Cerdas Nusantara

Cetak Biru Kota Cerdas Nusantara (Bahasa Indonesia)

Akses Berkas : Cetak Biru Kota Cerdas Nusantara

22 Desember 2023